Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2017, 00:32 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber Telegraph

Berciuman tidak hanya membuat kita merasa senang, namun ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat yang didapatkan dari ciuman? Berikut enam di antaranya:

1. Memperbaiki suasana hati

Apakah suasana hati Anda sedang buruk? Berharaplah pasangan Anda memberikan ciuman penuh cinta pada Anda —itu pasti akan langsung memperbaiki suasana hati atau mood Anda. Berciuman meningkatkan kadar oksitosin, sebuah zat kimia di otak Anda yang terkait dengan kepercayaan dan ikatan.

Sebuah eksperimen yang dilakukan Lafayette College terhadap pasangan yang berciuman selama 15 menit menunjukkan adanya penambahan besar dari zat kimia tersebut.

Dekan dan profesor fakultas neuroscience, Wendy Hill mengatakan bahwa dalam tes lain di mana sebuah kelompok hanya berpegangan tangan juga menunjukkan adanya perubahan oksitosin (seperti berciuman), tapi jumlahnya lebih sedikit.

"Jadi bila Anda ingin mendapatkan suasana hati yang lebih baik, mungkin kami menyarankan yang terakhir," katanya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ini mungkin terdengar tidak seksi dan bertolak belakang, tapi bersatunya air liur Anda dengan pasangan bisa mencegah Anda terserang penyakit. Studi yang dilakukan tahun 2014 dan dipublikasikan di jurnal Microbiome mengatakan, pasangan yang sering bercumbu sebenarnya saling berbagi mikrobiota saliva yang memaksa tubuh Anda membuat antibodi untuk melawan bakteri asing.

ilustrasi berciumanproud_natalia ilustrasi berciuman
Walau begitu perlu diingat, meski berciuman bisa menjadi ‘suplemen’ yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tapi jangan berharap menggunakan itu sebagai jalan pintas mencegah penyakit. Dan kalau-kalau Anda penasaran, rata-rata 80 juta bakteri ditransfer dalam 10 detik berciuman.

3. Mengenali pasangan idaman Anda

Sebuah ciuman dapat memberitahukan lebih jauh tentang tipe pasangan yang menjadi idaman Anda. Dr Helen Fischer menjelaskan di Chemistry.com bahwa dalam sebuah studi yang terdiri dari 58 lelaki dan 122 perempuan, 59 persen laki-laki dan 66 persen perempuan mengatakan mereka mendapatkan kekasih setelah ciuman pertama.

“Dengan aksi kecil ini, Anda bisa mendapatkan pelajaran besar tentang siapa yang akan menjadi pasangan Anda,” tulis Fisher. “Pertama Anda bisa melihat, membau, mengecap, mendengar dan merasakan pasangan lebih baik. Setelah itu pesan yang muncul dari perasaan Anda akan sampai ke otak".

Pesan itu memberikan informasi tentang kesehatan pasangan Anda, apa yang mereka makan, minum dan kebiasaan merokok serta keadaan pikirannya—dari perasaan ketakutan sampai ketenangan.

4. Membakar kalori

Bila kecupan kecil menggerakkan beberapa otot, maka pelukan yang penuh gairah dapat menggunakan hingga 34 otot wajah dan membakar 26 kalori per menit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Telegraph

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com