Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2017, 10:31 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Jerawat, di mana pun letaknya, bisa membuat kita kesal. Ada banyak penyebab timbulnya jerawat, tapi yang terpenting adalah mengetahui bagaimana jerawat terbentuk.

Tubuh memproduksi minyak yang disebut sebum. Minyak ini dibut di kelenjar yang terhubung dengan folikel rambut. Sebum akan mendorong folikel rambut melembabkan kulit dan rmabut.

Jerawat atau komedo terbentuk saat kelebihan sebum dan sel kulit mati menumpuk di kulit. Akibatnya bakteri pun ikut-ikutan menumpuk.

Pada kebanyakan kasus, jerawat bisa diusir dengan melakukan perubahan gaya hidup. Demikian juga halnya dengan jerawat di punggung. Paling tidak ada beberapa tips mudah membuat punggung Anda kembali mulus.

1. Rajin mandi
Jangan biarkan keringat dan debu menempel lama di kulit, terutama setelah berolahraga. Segeralah mandi dan sabuni kulit setelah berkeringat.

2. Cara keramas
Biasanya kita menggunakan kondisioner rambut dengan membiarkannya selama beberapa menit sebelum dibilas. Namun, cara ini sebenarnya justru membuat residu minyak menempel lama di punggung. Sebaiknya ikat rambut agar kondisioner tidak kontak dengan kulit terlalu lama.

3. Sabun yang tepat
Gunakan sabun yang lembut atau scrub yang tidak terlalu kasar dan air hangat untuk menggosok bagian punggung yang berjerawat.

4. Hindari memencet jerawat
Meski gemas, hindari memencet jerawat atau komedo di punggung karena bisa memperburuk kondisinya dan juga menyebabkan bekas luka sulit hilang.

5. Pangkas rambut
Rambut panjang sampai menutupi bagian punggung bisa membuat minyak dan debu lebih banyak menempel di kulit punggung. Jika jerawat di punggung cukup parah, sebaiknya pilih potongan rambut tidak terlalu panjang dan cucilah rambut secara rutin.

6. Hindari pakaian ketat
Rutinitas olahraga Anda bisa menyebabkan iritasi pada jerawat punggung. Terutama jika Anda sering memakai kaus olahraga yang ketat dan bisa menjadi perangkap keringat. Sebaiknya pilih pakaian olahraga yang tak terlalu ketat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com