Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Saat Bersepeda?

Kompas.com - 07/07/2017, 19:49 WIB
Sepeda XC dengan ban ukuran 29 inci cocok untuk kecepatan tinggi inigofotografiaSepeda XC dengan ban ukuran 29 inci cocok untuk kecepatan tinggi
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Bersepeda merupakan kegiatan yang dapat membakar kalori cukup besar, walaupun Anda hanya berkeliling di sekitar kompleks perumahan. Namun perlu diketahui, semakin besar usaha yang Anda lakukan saat bersepeda, makin besar juga kalori yang terbakar.

Proses pembakaran kalori sangat ditentukan oleh beban kayuhan dan jarak yang ditempuh. Kayuhan akan semakin berat pada medan yang terjal dan menanjak, atau saat kita mengayuh dengan cepat. Sedangkan jarak mempengaruhi lamanya waktu beraktivitas, sehingga makin jauh bersepeda, makin banyak juga kalori terbakar.

Baca: Sepeda Apa yang Cocok Untuk Anda?

Hasil penelitian The Compendium of Physical Activities Tracking Guide yang dilansir dari laman Reader's Digest, memaparkan besarnya kalori yang terbakar ketika Anda bersepeda dengan kecepatan tertentu.

  • Kurang dari 16 Km/Jam, alias berkendara santai, akan membakar 272 kalori setiap jamnya.
  • Kecepatan 16 sampai 19 Km/Jam,  akan membakar 408 kalori.
  • Kecepatan 19 sampai 22 Km/Jam, atau bersepeda sedikit cepat, akan membakar 544 kalori.
  • Kecepatan 22 sampai 26 Km/Jam, atau bersepeda cepat akan membakar 680 kalori tiap jam.
  • Kecepatan 26 sampai 30 Km/Jam, dengan berkendara sangat cepat akan membakar 816 kalori.
  • Lebih dari 30 Km/Jam, dengan berkendara kecepatan balap akan membakar 1.088 kalori.

Mereka yang baru memulai bersepeda tentu disarankan untuk berkendara santai dahulu selama 30 menit. Bila merasa sudah nyaman, kecepatan dan waktu bersepeda bisa ditambah. Bila Anda ingin lebih banyak membakar kalori dan menjadi lebih fit, berlatihlah interval dengan variasi kecepatan dan medan, baik tanjakan dan turunan.

Dengan rutin bersepeda, Anda akan menjadi lebih bugar, terutama untuk kesehatan jantung dan pernafasan. Selain itu, bersepeda juga dapat mengurangi kemacetan, menciptakan masyarakat yang lebih ramah, mengurangi polusi udara, kebisingan dan mengurangi kepadatan lalu lintas.

Baca: Panduan Memilih Sepeda Gunung

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X