Kompas.com - 08/07/2017, 19:42 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Awalnya mungkin kita mengira itu bagian dari penampilannya yang menawan. Namun ketika gaya itu terjadi berulang-ulang, orang menyadari bahwa kebiasaan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengenakan kaus kaki unik memiliki tujuan khusus.

Karena merupakan pemimpin negara, maka yang dilakukan Trudeau bisa disebut diplomasi busana. Ia menggunakan kaus kakinya untuk memberi pesan mengenai posisinya terhadap sebuah peristiwa atau acara.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menunjukkan kaos kaki pelanginya saat acara pengibaran bendera Gay Pride di Ottawa, KanadaChris Wattie/ Reuters Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menunjukkan kaos kaki pelanginya saat acara pengibaran bendera Gay Pride di Ottawa, Kanada

Hal itu tampak jelas saat Trudeau menghadiri Parade Gay Pride di Toronto pada 14 Juni lalu. Ia mengenakan kaus kaki garis warna pelangi dengan tulisan ‘Eid Mubarak’ sebagai bentuk pengakuannya terhadap bulan Ramadhan yang bersamaan dengan parade tahun 2017 ini. Ia memberi penghormatan pada dua komunitas menggunakan sepasang kaus kaki.

Ia juga melakukan itu sebagai dukungan terhadap industri lokal. Kaus kaki itu dibuat oleh perusahaan Toronto bernama Halal Socks. Hal ini juga bukan tanpa sengaja.

Sebelumnya, pada tanggal 5 Juni, saat menghadiri acara TV “Live with Kelly and Ryan”, Trudeau mengenakan kaus kaki merah bergambar daun mapel, lambang kebanggaan Kanada. Kaus kaki serupa juga ia kenakan tahun 2015 saat bertemu dengan pemerintah provinsi di Kanada.

Dalam kesempatan lain, di bukan Mei pada pertemuan NATO di Brussels, Trudeau mengenakan kaus kaki sebelah berwarna biru, sebelahnya lagi warna pink, masing-masing dengan gambar bendera NATO. Ini menunjukkan dukungannya terhadap organisasi pertahanan itu.

Baca: Apiknya Pencitraan PM Justin Trudeau Bersama Istri dan 3 Anaknya...

Lalu saat bertemu Perdana Menteri Irlandia, Enda Kenny, Trudeau mengenakan kaus kaki Star Wars berbeda warna yang menggambarkan robot R2D2 dan C3PO. Kebetulan hari itu bertepatan dengan International “Star Wars” Day.

Dalam setiap peristiwa itu, kaus kaki yang dikenakan Trudeau bukan saja lucu dan aneh, apalagi bila dibandingkan dengan kaus kaki politisi lain yang kebanyakan berwarna hitam atau biru. Namun lebih dari itu, ada pesan solidaritas yang dibawa Trudeau melalui kaus kakinya. Sesuatu yang jarang bahwa kaos kaki bisa “berbicara” begitu banyak.

Hal ini juga merupakan cara yang cerdas, mengingat pria biasanya memiliki sedikit saja pilihan berbusana di saat-saat resmi dibanding politisi perempuan.

Mengenakan dasi yang tematik, mungkin terlalu mencolok. Menggunakan emblem atau pin, akan sedikit sulit bagi orang lain untuk melihatnya dengan jelas. Tapi kaus kaki? Benda ini cukup tersembunyi sehingga tidak mencolok, namun sekaligus cukup terlihat sehingga orang menerima pesannya. Dan di kaki Trudeau, cara ini berhasil.

Baca: Saat Obama dan Justin Trudeau Nongkrong Santai di Montreal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.