Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Kompas.com - 10/07/2017, 16:12 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Saat bangun tidur di pagi hari, apa yang biasanya Anda minum? secangkir kopi panas, teh hangat atau mungkin air putih dingin? Pilihan jenis minuman memang tergantung selera masing-masing. Namun, tahukah Anda bahwa minum segelas air hangat saat bangun tidur memiliki banyak manfaat?

Seperti dilansir dari laman Life Hack, Stella Metsovas ahli gizi klinis dan pakar kesehatan dalam ilmu pangan dan gizi, mengatakan, meminum air hangat di pagi hari, atau ditambah dengan rendaman lemon yang kaya polifenol atau dengan teh, terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas di tubuh.

"Minum air hangat meningkatkan pengencangan usus, dan ini dapat membantu pencernaan dan mengatur pergerakan usus," kata Metsovas.

Selain itu, minum air putih hangat saat bangun tidur di pagi hari dengan kondisi perut masih kosong memiliki tujuh manfaat yang baik bagi tubuh, tujuh manfaat tersebut diantaranya.

Baca: 8 Manfaat Minum Air Setelah Bangun Tidur

1. Mencegah penuaan dini

Keberadaan racun dalam tubuh bisa membuat penuaan lebih cepat menjadi kenyataan. Ketika tubuh kita menumpuk racun, ia menjadi rentan terhadap penyakit dan penuaan. Air hangat dalam hal ini bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, bisa membantu memperbaiki kondisi sel kulit yang bisa menyebabkan peningkatan elastisitas kulit Anda.

2. Mengurangi rasa sakit

Obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi adalah air hangat. Ini melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid. Selain itu, air hangat adalah obat yang efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu merilekskan otot-otot di tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Anda mungkin pernah mendengar, meminum air hangat saat pagi hari mampu menurunkan berat badan. Ternyata ini benar adanya. Air hangat meningkatkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya, meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Peningkatan aktivitas metabolik memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber LifeHack
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X