Kompas.com - 11/07/2017, 09:29 WIB
Ilustrasi selfie JackFIlustrasi selfie
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang ingin terlihat lebih keren dalam foto-foto dan profil akun sosial medianya. Oleh karenanya banyak yang berusaha mendapatkan foto terbaiknya --meski kadang tidak sesuai kenyataan-- untuk mendapat kesan lebih terhadap penampilannya.

Hal ini terbukti dalam sebuah riset yang mendapati bahwa baik pria maupun wanita kerap memanipulasi foto profilnya agar mendapat kesan lebih baik, dan kita barangkali termasuk di antaranya.

Study itu menemukan bahwa pria lebih cenderung memasang foto selfie yang diambil dengan memegang kamera atau ponsel setinggi pinggang. Mengapa begitu? Ternyata foto yang diambil dengan sudut itu membuat seseorang terlihat lebih tinggi dan berkuasa, menurut riset.

Ada alasan terkait evolusi mengenai hal ini. Pria yang lebih tinggi umumnya dinilai oleh wanita sebagai sosok yang lebih kuat, lebih jantan, dan mampu melindungi keluarga.

Wanita, di sisi lain, lebih cenderung memilih foto yang diambil dengan posisi kamera atau ponsel sedikit di atas kepala, untuk menyamarkan bagian-bagian tubuh yang kurang ia sukai, sekaligus agar tidak terlihat terlalu dominan di mata pria yang melihatnya.

Baca: Cara Selfie Agar Tampak Lebih Menarik

Riset soal foto selfie ini dilakukan oleh Universitas Saskatchewan di Kanada yang menggunakan lebih dari 900 profil pria dan wanita di aplikasi Tinder. Temuan ini dipublikasikan di journal Frontiers of Psychology.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari 900 profil yang diteliti, 40 persen pria mengarahkan ponselnya ke atas untuk mengambil selfie, sedangkan wanita hanya 16 persen yang melakukan hal itu.

Sedangkan 25 persen wanita mengambil fotonya dari atas kepala, dibanding hanya 16 persen pria yang melakukannya.

Dalam laporannya, para peneliti mengatakan, “Ketika mengambil selfie untuk profil aplikasi kencan online, orang secara spontan memanfaatkan sudut kamera untuk mendapatkan kesan yang lebih baik dari lawan jenis.”

Baca: Anda Para Penggemar Berat ?Selfie? Harus Simak Informasi Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.