Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pria Mengambil Selfie dari Bawah dan Wanita dari Atas

Kompas.com - 11/07/2017, 09:29 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Setiap orang ingin terlihat lebih keren dalam foto-foto dan profil akun sosial medianya. Oleh karenanya banyak yang berusaha mendapatkan foto terbaiknya --meski kadang tidak sesuai kenyataan-- untuk mendapat kesan lebih terhadap penampilannya.

Hal ini terbukti dalam sebuah riset yang mendapati bahwa baik pria maupun wanita kerap memanipulasi foto profilnya agar mendapat kesan lebih baik, dan kita barangkali termasuk di antaranya.

Study itu menemukan bahwa pria lebih cenderung memasang foto selfie yang diambil dengan memegang kamera atau ponsel setinggi pinggang. Mengapa begitu? Ternyata foto yang diambil dengan sudut itu membuat seseorang terlihat lebih tinggi dan berkuasa, menurut riset.

Ada alasan terkait evolusi mengenai hal ini. Pria yang lebih tinggi umumnya dinilai oleh wanita sebagai sosok yang lebih kuat, lebih jantan, dan mampu melindungi keluarga.

Wanita, di sisi lain, lebih cenderung memilih foto yang diambil dengan posisi kamera atau ponsel sedikit di atas kepala, untuk menyamarkan bagian-bagian tubuh yang kurang ia sukai, sekaligus agar tidak terlihat terlalu dominan di mata pria yang melihatnya.

Baca: Cara Selfie Agar Tampak Lebih Menarik

Riset soal foto selfie ini dilakukan oleh Universitas Saskatchewan di Kanada yang menggunakan lebih dari 900 profil pria dan wanita di aplikasi Tinder. Temuan ini dipublikasikan di journal Frontiers of Psychology.

Dari 900 profil yang diteliti, 40 persen pria mengarahkan ponselnya ke atas untuk mengambil selfie, sedangkan wanita hanya 16 persen yang melakukan hal itu.

Sedangkan 25 persen wanita mengambil fotonya dari atas kepala, dibanding hanya 16 persen pria yang melakukannya.

Dalam laporannya, para peneliti mengatakan, “Ketika mengambil selfie untuk profil aplikasi kencan online, orang secara spontan memanfaatkan sudut kamera untuk mendapatkan kesan yang lebih baik dari lawan jenis.”

Baca: Anda Para Penggemar Berat ?Selfie? Harus Simak Informasi Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com