Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2017, 08:47 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sering bercinta dan awet muda. Keduanya adalah hal yang sepertinya diinginkan banyak orang. Kabar baiknya, dua hal itu saling berkaitan. Ya, menurut studi terbaru, rutin berhubungan seksual dapat membuat kita awet muda.

Jadi seberapa sering Anda bercinta untuk bisa membuat awet muda? Satu kali dalam seminggu sudah cukup.

Para ilmuwan di California menemukan bahwa tutup pelindung pada DNA kita atau telemor —yang mengindikasikan penuaan dan kesehatan—berada dalam kondisi yang lebih baik pada wanita yang rutin bercinta setiap pekan. 

Telomer berfungsi menjaga DNA tetap sesuai bentuk aslinya dan menghentikan perubahan kromosom yang terjadi seiring dengan bertambahnya tua. Telomer pendek berarti umur yang lebih pendek.

Peneliti bertanya kepada 129 perempuan tentang aktivitas seksual mereka selama seminggu, serta memeriksa darah mereka. Peneliti menemukan telomer yang "signifikan" lebih panjang pada perempuan yang bercinta setiap minggu.

Peneliti Tomás Cabeza de Baca dari University of California, menjelaskan, telomer adalah "indeks biologis penuaan dan kesehatan sistemik".

Dia mengatakan bahwa ada kaitan antara hubungan seks dengan telomer yang lebih panjang, apakah hubungan bahagia itu di luar kamar atau tidak.

"Kaitan itu terlihat saat kami mengukur aspek kualitas hubungan, stres yang dialami dan faktor penting lainnya. Panjang telomer dan aktivitas telomerase tidak terkait dengan kepuasan hubungan dan interaksi pasangan, baik positif atau negatif,” kata Tomás.

Dr.David Weeks, seorang peneliti dan psikolog juga pernah menyebutkan, pasangan berusia paruh baya yang rutin bercinta tampak 5-7 tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

Weeks melakukan survei kepada ribuan pasangan. Terungkap bahwa mereka yang berusia 40-50 tahun dan tampak awet muda ternyata melakukan hubungan seks 50 persen lebih banyak (sekitar tiga kali dalam seminggu).

Menurut Weeks, kepuasan yang timbul dari hubungan seks adalah faktor penting untuk memperlambat penuaan. Biologi juga berperan, karena dilepaskannya hormon endorfin, saat seseorang merasa sedang bahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com