Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 09/02/2023, 06:35 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Jeans adalah celana paling gampang dipadukan dengan pakaian lain. Jeans juga nyaman dipakai di segala suasana sehingga banyak orang memilihnya sebagai celana sehari-hari. Namun bagaimana dengan jeans warna putih?

Bagi perempuan, jeans atau celana putih lebih gampang dipakai dan diterima mereka yang melihatnya. Namun bagi pria, mengenakan jeans putih seringkali membuat kita merasa canggung. Padahal jeans putih sah-sah saja dikenakan pria, asal tahu cara memadukannya.

Bagaimana mengenakan jeans putih, berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

Padukan secara simpel

David Beckham dengan jeans putihpinterest David Beckham dengan jeans putih
Jeans putih sebenarnya seperti kertas kosong dimana kita bisa memadukan dengan apa saja. Namun warna putih memberi kesan ringan, sehingga sebaiknya kita tidak memakainya bersama atasan yang terlalu berat atau rumit, baik dalam hal corak maupun potongan.

Selain itu, aksesoris atau padanan yang ramai akan membuat pemakai jeans putih terlihat sangat mencolok. Bisa-bisa Anda tampak seperti kapten kapal pesiar atau pemain drum band angkatan laut.

Oleh karenanya pilihlah atasan polos seperti kaus warna netral, polo shirt, jaket kulit, atau baju chambray, yakni baju biru berbahan katun yang mirip seperti denim.

Putih itu bersih

Warna putih adalah warna yang rentan terkesan kotor meski hanya terkena sedikit noda saja. Oleh karenanya jagalah jeans putih Anda tetap bersih, atau pakailah dalam keadaan bersih setelah dicuci. Perhatikan juga detail-detailnya, seperti ukuran yang tepat, lipatan mata kaki yang sempurna, dan potongan yang pas dengan gaya Anda.

Baca: Ini Cara Merawat Jeans Kesayangan

Akan makin baik bila tampilan Anda juga rapi dan bersih agar lebih cocok dipadukan dengan celana yang Anda kenakan. Karena celana putih melambangkan kepercayaan diri pemakainya, maka pastikan itu terlihat di wajah Anda.

Sepatu tanpa noda

Cristiano Ronaldointro clothing Cristiano Ronaldo
Jeans putih akan membuat pandangan orang tertuju ke kaki Anda, artinya mereka juga akan melihat sepatu yang Anda kenakan.

Ada banyak pilihan sepatu yang bisa Anda padankan dengan jeans putih. Namun hal yang harus dicatat adalah, sepatu jenis apapun yang Anda pakai, pastikan dalam keadaan bersih.

Warna putih jeans akan membuat sedikit saja debu atau noda pada sepatu tampak jelas, dan hal ini merusak keserasian penampilan Anda.

Soal pilihannya, Anda bisa mengenakan loafers yang senada dengan atasan. Untuk pemakaian siang hari loafers coklat atau biru adalah pilihan yang baik, sedangkan untuk malam hari, pilih warna gelap seperti hitam atau burgundi.

Selain itu, sepatu jenis Oxfords juga bagus dipadankan dengan jeans putih. Sebaiknya memakainya tanpa kaus kaki, atau dengan kaus kaki yang pendek sehingga tidak terlihat. Sementara bila Anda ingin mengenakan sneakers, pilihlah yang bersih atau masih baru.

Sepatu lain yang cocok dengan jeans putih adalah boat shoes yang senada dengan atasan. Paduannya akan memberi kesan santai dan liburan. Namun bila Anda penyuka boots, tidak ada salahnya memadukan dengan celana putih.

Pilih kontras atau senada?

Memakai jeans putihpinterest Memakai jeans putih
Jeans putih akan terlihat kontras dengan hampir semua pakaian yang Anda miliki. Namun agar kesan itu makin tegas, Anda bisa memakai hitam atau biru tua sebagai atasan.

Jika Anda ingin sedikit meredamnya, atasan abu-abu bisa jadi pilihan. Namun jika Anda cukup berani menjadi perhatian, memakai atasan putih juga tidak masalah.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mengenakan terlalu banyak warna saat memakai jeans putih. Cukup satu warna lain sebagai perpaduan, atau maksimal dua warna namun yang tidak bertabrakan.

Percaya diri

Anda harus tahu bahwa celana jeans putih membuat Anda diperhatikan orang lain, sehingga dibutuhkan rasa percaya diri. Karenanya nikmatilah. Tampil sekeren mungkin, dan jangan memperlihatkan wajah cemas atau gelisah. Ingat, semua mata melihat ke arah Anda.

Baca juga: Ketahui Jenis Celana Jeans dari Proses Produksi, Warna, dan Bentuknya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com