Kompas.com - 18/07/2017, 06:40 WIB
Pasangan berkencan di taman woottigonPasangan berkencan di taman
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Perselingkuhan bisa menghadirkan rasa mendebarkan, semangat, dan menggoda. Namun, meski Anda tergoda oleh perasaan yang menantang itu, selingkuh merupakan awal dari bencana.

"Memang sulit untuk menolak semua perhatian dan perasaan tersanjung yang muncul pada tahap awal selingkuh. Tetapi harus disadari akibatnya," kata Barbara Greenberg, psikolog klinik dan terapis keluarga.

Dalam pernikahan selalu ada pasang surutnya, jadi sebelum Anda tergoda menuruti keinginan selingkuh tanyakan pada diri sendiri empat hal ini:

1. Apa akibatnya
Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah apa yang terjadi jika perselingkuhan ini terbongkar, karena kemungkinannya sangat besar. Renungkan dengan baik bagaimana permainan ini akan berakhir.

"Kebanyakan orang yang selingkuh adalah mereka yang kesepian dan bosan. Mereka mungkin tidak merasa dihargai atau dianggap dalam hubungan itu. Pada kondisi itu memulai 'hubungan baru' terasa menyenangkan, tetapi bukan solusi sebenarnya dari rasa kesepian dalam hubungan Anda," kata Kathryn Smerling, terapis keluarga dan pernikahan.

2. Apakah saya siap untuk dua kehidupan
Menyimpan sebuah rahasia bisa mendatangkan kecemasan. Karena Anda terus menerus takut ketahuan dan merasa sudah terlalu jauh melangkah, Anda pasti berharap tidak pernah memulainya.

"Melakukan segala hal dengan sembunyi-sembunyi bisa membuat stres dan rasa cemas. Kita bahkan jadi pandai berbohong untuk menjaga dua kehidupan ini tidak saling mencampuri. Pertimbangkan apakah perselingkuhan itu layak," kata Greenberg.

3. Bagaimana jika tak sesuai harapan?
Ketika seseorang merasa dikhianati, ia akan merasa hancur. Hal ini akan dialami oleh tiga orang yang terlibat dalam hubungan itu: Anda, pasangan, dan orang ketiga.

Jika pasangan selingkuh Anda menjadi terobsesi dengan Anda, kondisinya bukan hanya menyebalkan tapi juga berbahaya. "Obsesi bisa membuat seseorang punya keinginan balas dendam, termasuk merusak hubungan utama Anda," kata Greenberg.

Pada saat yang sama, pengkhianatan pada kepercayaan yang pasangan berikan akan melukai hatinya, dan juga bisa membuatnya melakukan hal-hal nekat, termasuk membalas ulah Anda dan selingkuhan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.