Kompas.com - 18/07/2017, 16:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -  Selamat! Anda sudah mencapai usia 30. Di usia ini, Anda tak bisa lagi disebut remaja atau anak muda, walau belum bisa disebut tua tetapi Anda sedang menuju usia paruh baya. Jadi, Anda perlu meninggalkan beberapa kebiasaan saat remaja.

Di usia 30-an, tubuh akan mengalami sejumlah perubahan. Metabolisme mulai melambat, fungsi organ tubuh menurun, massa lemak bertambah, dan masih banyak lagi. Intinya, tanda-tanda penuaan mulai muncul.

Bila organ-organ tubuh kita tak dirawat dengan baik, proses penuaan akan lebih cepat terjadi. Ini berarti penyakit-penyakit yang identik dengan "orang tua" akan cepat kita rasakan.

Rawat organ tubuh agar tidak rusak sebelum waktunya dengan meninggalkan kebiasaan lama sejak usia 30 tahun.

1. Makan cepat saji

Ya, kita tahu kalau Big Mac terasa lezat, mengenyangkan dan terjangkau kantong di tanggal tua. Tapi makanan enak dan murah rasanya sulit disatukan. Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, VA, makanan mengandung karbohidrat sederhana seperti roti, cookies, atau mi sebaiknya dibatasi. Jenis makanan ini juga dapat menimbulkan keriput lebih cepat, sembelit dan mulas.

2. Merokok

Mungkin merokok tampak keren dan memberontak saat kita berusia 17 tahun, tapi sekarang Anda harus benar-benar meninggalkan kebiasaan buruk dan tidak sehat ini. Rokok tidak hanya bisa membuat Anda bau asap dan menghitamkan gigi, namun tak terbantahkan sebagai penyebab utama penyakit jantung dan paru-paru.

3. Bermain video games

Ragam pilihan video games dan juga di smartphone memang semakin menantang. Tapi, sampai saat ini tak ada alasan kuat bagi Anda membungkuk di depan konsol seharian karena harus membunuh monster di dalam game. Mulailah membatasi hobi ini, salah satu alasannya karena terlalu banyak duduk merupakan penyebab berbagai masalah kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Mademan
Rekomendasi untuk anda
TANYA PAKAR - PARENTING
Ini 7 Tanda Pasangan Sudah Siap Menikah
Ini 7 Tanda Pasangan Sudah Siap...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.