Kompas.com - 18/07/2017, 20:42 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kesan tidak memuaskan saat berhubungan seks memakai kondom memang sulit dihilangkan. Anggapan umum lainnya adalah kondom terlalu tebal hingga berbau karet.

Menurut data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2012, hanya 4,7 persen pria yang menggunakan alat kontrasepsi dan hanya 2,5 persen dari angka tersebut yang menggunakan kondom.

Padahal, penggunaan kondom adalah pilihan terbaik kedua untuk melindungi diri dari penularan penyakit akibat hubungan seksual, HIV dan kehamilan yang tidak direncanakan.

Lantas, bagaimana memilih kondom agar bisa tetap bercinta tanpa harus mengurangi kenikmatan? Dokter spesialis Andrologi, Heru H. Oentoeng dalam rilis Durex pada Selasa (18/7/2017), memberikan lima tips untuk memilih kondom agar sesi bercinta tetap nyaman dan aman.

1. Gunakan kondom yang berbahan lateks

Saat ini ada dua jenis kondom yang dijual di pasaran, yaitu terbuat dari bahan lateks dan bahan sintetis. Keduanya baik dan memiliki kelebihan masing-masing. Namun, kata Heru, sangat dianjurkan untuk memilih jenis kondom dari bahan lateks yang dirancang untuk kontrasepsi dan mampu mencegah penularan penyakit seksual.

"Kondom berbahan lateks juga elastis dan bisa 'fit' sesuai bentuk penis sehingga nyaman digunakan seolah-olah tidak memakai kondom," kata Heru.

2. Cek tanggal kadaluwarsa kondom sebelum digunakan

Kondom yang telah lewat masa kedaluwarsa akan mudah sobek dan bocor ketika digunakan. Tanggal kadaluwarsa kondom bisa dilihat pada kotak atau kemasannya. Heru menyarankan agar memastikan kondom yang masih baru saat akan berhubungan intim dan jangan pernah memakai kondom bekas. "Buka kondom dari kemasannya dengan hati-hati dan pastikan kondom tidak kering (kaku) ataupun berlubang," ujar Heru.

3. Pasang kondom dengan benar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.