Kompas.com - 19/07/2017, 10:39 WIB
Ilustrasi waktu makan TatommIlustrasi waktu makan
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Apa yang kita makan adalah hal utama penentu kesehatan kita. Namun ada hal lain yang tidak kalah penting. Semakin banyak penelitian menemukan bahwa kapan kita makan juga berpengaruh terhadap risiko kegemukan dan masalah kesehatan lain.

“Bila kita melihat kebiasaan makan masyarakat yang paling sehat di seluruh dunia, kebanyakan dari mereka tidak makan terus menerus dari pagi sampai malam,” ujar Valter Longo, Ph.D., profesor ilmu biologi di University of Southern California .

“Jadi meski yang Anda makan adalah makanan sehat, namun menyantapnya lima atau enam kali sehari bisa menimbulkan masalah,” ujarnya.

“Tubuh manusia tidak dirancang untuk makan sepanjang hari,” kata Mark Mattson, Ph.D., kepala Laboratorium Ilmu Saraf di National Institute of Aging, AS. “Namun kenyataannya, orang terbiasa mengunyah sepanjang hari selama tidak tidur. Ini barangkali menjadi penyebab begitu banyak orang menjadi kegemukan.”

Baca: Makanan Sehat yang Tidak Sehat

Sederhananya, makan tiga kali sehari ditambah snack di antaranya ternyata bukan cara terbaik untuk makan. Jadi bagaimana seharusnya kita mengatur jadwal makan kita?

Ada cara-cara mengatur waktu makan yang mudah untuk bisa menjaga berat badan sekaligus menjaga kesehatan dengan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cukup tiga kali sehari

Sekalipun Anda menghitung dan membatasi kalori yang Anda makan dalam sehari, namun mengudap di antara waktu makan bisa membuat kadar gula darah Anda naik. Hal ini pada akhirnya bisa meningkatkan risiko kegemukan dan penyakit metabolisme seperti diabetes.

“Bila kita makan terus menerus, maka tubuh akan mendapat pesan bahwa ia harus selalu berada pada kondisi metabolisme tinggi, dan ini membuat tubuh cenderung menyimpan kelebihan lemak,” kata Longo.

Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.