Kompas.com - 20/07/2017, 10:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bila Anda tak aktif mencari peluang kerja baru, memperbarui CV atau resume mungkin terasa percuma atau buang-buang waktu.

Padahal, meski Anda sedang tak mengincar pekerjaan baru, ada beberapa keuntungan memiliki CV online yang terus update. Bukan hanya daftar skill atau prestasi Anda terus bertambah, tapi memiliki resume yang update dan kreatif juga memberi kita keberanian untuk melamar pekerjaan yang menjadi impian kita, saat menerima notifikasi di LinkedIn.

Untuk menghemat waktu, ada beberapa kiat mudah memperbarui resume dalam waktu tak sampai 10 menit.

1. Masukkan link akun LinkedIn
Cara paling mudah memperbarui resume adalah memasukkan link akun LinkedIn Anda dalam informasi kontak. Jika memungkinkan, tambahkan juga akun media sosial Anda seperti Twitter, Facebook, atau blog personal yang mendukung kualifikasi skill yang dibutuhkan. Jangan lupa bersihkan dulu media sosial Anda dari konten berbau SARA atau ucapan tidak pantas lain sebelum memasukkannya dalam CV.

2. Beri warna pada nama
Menambahkan warna adalah cara kreatif untuk membuat resume Anda lebih mencuri perhatian. Tetapi jangan berlebihan. Hindari membuat warna-warni pada diplay nama Anda, tetapi cukup tambahkan warna pada nama panggilan Anda. Jangan memilih warna yang kurang terlihat saat dokumen Anda dicetak. Ingat, masih banyak departemen HRD yang mencetak dokumen yang Anda kirim online.

3. Tambahkan foto
Memberi foto yang menarik pada resume Anda bisa membantu calon orang yang memperkerjakakan kita terhubung secara psikologis. Memberi foto yang menarik dan profesional di resume juga bisa menjadi personal branding. Yang harus diingat, jangan memasukkan swafoto Anda.

4. Jangan terlalu pede
Walau Anda merasa siswa yang pintar dan memiliki sederet prestasi, hindari sikap terlalu pede saat mendeskripsikan diri. Gunakan kata-kata yang bersifat low-profile namun tetap "menjual".

5. Gunakan tipe huruf yang tak biasa
Mengubah tipe huruf yang digunakan dari sans serif (seperti Century Gothic) di komputer ke tipe serif (seperti Garamond) bisa membuat resume Anda penampilan baru.

Agar lebih menonjol, pilihlah tipe huruf yang tak biasa tetapi masih terkesan profesional. Tujuannya agar resume Anda tidak sama seperti orang lain dan memiliki kesan segar, modern, dan memudahkan mata saat membaca. Anda juga bisa bereksperimen dengan menggunakan beberapa tipe huruf, misalnya untuk headline dan bagian badan resume dibuat berbeda.

6. Persingkat
Buang bagian-bagian yang tidak sesuai, seperti skill yang tak terkait dengan pekerjaan yang dituju, hobi, dan sebagainya. Jika Anda sudah lama lulus dari universitas, disarankan untuk tidak memasukkan prestasi akademik saat kuliah.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BRIT.CO
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.