Kompas.com - 21/07/2017, 16:28 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Anda ganti baju setiap hari. Beli sepatu sekali dalam setahun, atau bisa lebih sering. Tapi ada satu barang yang Anda selalu gunakan dan jarang dicuci. Ya, itu adalah jam tangan!

Apakah jam tangan Anda merupakan aksesoris untuk membantu penampilan, atau difungsikan sebagai alat pengukur kebugaran, akuilah bahwa Anda jarang membersihkannya. Mungkin Anda baru membersihkan setelah olahraga di tempat yang sangat kotor.

Memang, dalam hal perawatan, pria sering mengabaikan aksesoris dan perhiasan. Ada banyak orang yang tidak menyadari tali jam tangannya berbau tak sedap, atau baru menyadari banyak kotoran mengendap dan terselit di antara tali jam setelah mengamatinya.

Jadi, apa yang bisa dilakukan agar jam tangan tetap bersih dan tidak mengeluarkan bau? Baiknya Anda memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Perawatan dasar: mengelap tiap hari

Anda mandi sehari dua kali dan tentu biasa mencuci muka sebelum tidur. Nah, jam tangan Anda juga harusnya mendapat perlakuan mirip. Bayangkan, jam tangan itu Anda pakai sepanjang hari, dan terkena keringat, terciprat air dari toilet, dan terkena kotoran lain.

"Oleh karenanya, setelah dipakai sebaiknya Anda meluangkan beberapa menit untuk membersihkan jam tangan sebelum tidur," kata Julie Stewart, supervisor perbaikan produk untuk Victorinox Swiss Army.

Ilustrasi membersihkan jam tanganipopba Ilustrasi membersihkan jam tangan
"Dengan kain bersih yang lembut, bersihkan bagian dalam gelang dan bersihkan bagian belakang kepala jam tangan. Ini akan menghilangkan kelembaban dan minyak atau keringat yang menempel selama pemakaian," katanya.

Anda sebaiknya melakukan pembersihan itu secara teratur, tidak perlu menunggu sampai kotor dan berbau. Ingat, walau Anda tidak bekerja di bengel yang penuh oli atau dapur yang penuh lemak, namun jam tangan bisa saja kotor karena keringat dan kulit.

Baca: 8 Jam Tangan yang Terinspirasi Dunia Militer

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.