Kompas.com - 22/07/2017, 16:52 WIB
Ilustrasi pasangan DragonImagesIlustrasi pasangan
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Prahara dalam sebuah pernikahan bisa terjadi karena ketidakmampuan salah satu pasangan memenuhi kebutuhan yang lainnya. Suami dan istri memiliki kebutuhan masing-masing yang perlu dipahami. Namun, tak sedikit dari pasangan yang luput memenuhinya, sehingga membuka peluang terjadi perselingkuhan atau hubungan yang tidak berkualitas.

Dokter spesialis kejiwaan Rumah Sakit Gading Pluit, Maria Poluan, mengatakan suami dan istri masing-masing memiliki lima kebutuhan yang harus dipenuhi:

Kebutuhan suami

Untuk pria, kebutuhan pertama menurut Maria dalah pemenuhan kebutuhan seks. Itu karena libido yang dimiliki pria dan secara biologis pria akan merasa puas bila tersalurkan.

“Rasa cinta mereka itu tersalurkan lewat libido lebih banyak,” kata Maria saat seminar "Gonta-ganti Pasangan, Apa Resikonya?" yang digelar di Rumah Sakit Gading Pluit, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (22/7/2017).

Kebutuhan kedua adalah kebersamaan dalam hobi. Bila hobi bisa dilakukan bersama, maka akan meningkatkan kualitas hubungan. Kalau pun tidak, maka harus ada toleransi antara suami dan istri untuk memahami hobi pasangan. “Ada aktivitas bersama-sama,” ujar psikiater RS Gading Pluit itu.

Baca: Rutin Bercinta Bikin Awet Muda

Kebutuhan ketiga adalah istri yang menarik. Oleh karena itu, sebagai istri harus bisa tetap menjaga penampilan di hadapan suami, meskipun sudah menikah.

Kebutuhan keempat yakni kemampuan mengurus rumah tangga. Maria mengingatkan kalau mengurus rumah tangga bukan sekadar bisa memasak, juga mengurus anak dan rumah. “Terpenting adalah bisa mengatur rumah tangga,” kata Maria.

Kebutuhan terakhir adalah penghargaan. Pria, kata Maria, membutuhkan penghargaan dari pasangan mereka agar tetap merasa dihargai. Sebab. kerap kali penghargaan dilupakan sehingga membuat pria berpaling.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X