Kompas.com - 23/07/2017, 21:02 WIB
bantal apartmenttherapy.combantal
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bukan hanya sarung bantal yang perlu diganti dan dicuci secara rutin, bantal pun ternyata punya masa pakai optimal. Sayangnya kita sering menggunakan bantal lebih lama dari yang seharusnya.

Paling tidak ada alasan kuat mengapa bantal Anda perlu segera dipensiunkan dan menggantinya dengan yang baru.

1. Bisa memicu jerawat
Jenis jerawat terburuk adalah jerawat yang disebabkan karena kita sering menempelkan kulit wajah ke benda kotor. Kita bisa terpapar bakteri penyebab jerawat itu dari ponsel atau helm, namun yang paling sering adalah bantal.

Bantal yang sudah dipakai bertahun-tahun merupakan tempat berkumpulnya debu, minyak, kulit mati, keringat, dan sisa-sisa make up. Itu sebabnya bantal juga wajib dicuci. Jika Anda rentan berjerawat, para ahli merekomendasikan untuk mencuci sarung bantal beberapa kali dalam seminggu.

2. Sarang tungau
Makhluk kecil dan berkaki delapan alias tungau ini memang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Tungau memakan kulit manusia yang dilepaskan setiap hari. Menurut Asthma and Allergy Foundation of America, setiap orang memiliki kulit yang cukup untuk memberi makan satu juga tungau. Untuk mencegah tungau bersarang di bantal Anda, gunakan bantal berseleting yang memiliki teknologi anti-alergen.

3. Tak pernah dibersihkan
Sebenarnya bantal, seperti halnya sarungnya, juga perlu dicuci rutin. Kebanyakan orang tidak tahu bahwa bantal bisa dimasukkan ke dalam mesin cuci atau dicuci kering (dry clean). Bantal direkomendasikan untuk dicuci setiap 6 bulan dan pastikan dibilas bersih sampai tidak ada detergen yang tersisa.

4. Strukturnya dapat berubah
Saat kita mencuci bantal, sebenarnya busa atau foam di dalamnya lama kelamaan akan menjadi kempes. Ini berarti kemampuannya untuk menyangga kepala dan leher tidak sebaik saat pertama kita bawa pulang dari toko.

Tidur menggunakan bantal  yang tidak bisa menyangga kepala dengan baik akan menyebabkan kita terbangun dengan rasa sakit atau pegal di leher. Jadi, jika bantal Anda sudah kempes relakan saja untuk diganti yang baru. Meski demikian, secara umum bantal perlu diganti baru setiap 3 tahun.

5. Nyeri saat bangun
Walau usia bantal Anda belum masuk hitungan tahun namun jika Anda sering bangun pagi dengan keluhan nyeri pada bahu, leher, bahkan sakit kepala, mungkin ketebalan bantal yang digunakan kurang tepat. Gantilah bantal dengan kemampuan menopang leher dengan baik dan tidak terlalu tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.