Kompas.com - 24/07/2017, 08:02 WIB
Anak-anak dengan pekerjaan yang dicita-citakan RawpixelAnak-anak dengan pekerjaan yang dicita-citakan
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com -Apa cita-cita Anda saat masih kecil? Apakah kini Anda bekerja sesuai cita-cita tersebut? Sebagian orang mungkin tidak, termasuk Anda barangkali.

Memiliki impian pekerjaan di masa kecil adalah hal lumrah. Namun, berapa banyak orang yang berhasil bekerja sesuai dengan cita-cita? Jawabannya cukup mencengangkan, karena memang tidak banyak.

Berdasarkan survei yang dirilis bulan Juli 2017 oleh LinkedIn, salah satu jaringan profesional terbesar dunia, hanya 13 persen profesional muda yang memiliki pekerjaan sesuai yang diimpikan di masa kecil.

Selain itu 29 persen mengaku pekerjaan saat ini masih ada kaitan dengan cita-cita masa kecil sementara 60 persen mengatakan pekerjaan sekarang sama sekali berbeda dengan impian masa kecil.

Adapun cita-cita masa kecil dari para profesional muda ini kebanyakan menjadi dokter/perawat, pengusaha, guru/dosen, tentara/polisi/berkarir di bidang militer dan ilmuwan.

Baca: Betulkah Ada Istilah Beruntung Saat Melamar Pekerjaan?

Pekerjaan impianRawpixel Pekerjaan impian
Survei ini dilakukan pada 1.000 responden, dengan kategori pelajar 16-23 tahun dan profesional muda berusia 25-36 tahun yang memiliki pengalaman kerja dua tahun. Masing-masing kategori berjumlah 500 responden.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari survei yang diterima Kompas Lifestyle pada Sabtu (22/7/2017), juga disebutkan bahwa alasan pertama mereka bekerja di tempat sekarang karena tidak memiliki kesempatan untuk mengejar mimpi sebab latar belakang pendidikan dan kemampuan.

Alasan kedua adalah minat dan ketertarikan yang telah berubah. Dan alasan ketiga adalah memiliki komitmen keluarga dan alasan lainnya sehingga tidak dapat meraih pekerjaan impian.

Selain itu, mereka berpendapat memilih pekerjaan saat ini karena sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan yang dimiliki. Ditambah, pendapatan dan keuntungan yang baik.

Alasan terakhir adalah, "Saya memiliki minat yang tinggi terhadap pekerjaan saya saat ini dan pekerjaan tersebut juga memiliki makna khusus bagi diri saya," tulis survei.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.