Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Orang yang Bekerja Sesuai Cita-cita?

Kompas.com - 24/07/2017, 08:02 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -Apa cita-cita Anda saat masih kecil? Apakah kini Anda bekerja sesuai cita-cita tersebut? Sebagian orang mungkin tidak, termasuk Anda barangkali.

Memiliki impian pekerjaan di masa kecil adalah hal lumrah. Namun, berapa banyak orang yang berhasil bekerja sesuai dengan cita-cita? Jawabannya cukup mencengangkan, karena memang tidak banyak.

Berdasarkan survei yang dirilis bulan Juli 2017 oleh LinkedIn, salah satu jaringan profesional terbesar dunia, hanya 13 persen profesional muda yang memiliki pekerjaan sesuai yang diimpikan di masa kecil.

Selain itu 29 persen mengaku pekerjaan saat ini masih ada kaitan dengan cita-cita masa kecil sementara 60 persen mengatakan pekerjaan sekarang sama sekali berbeda dengan impian masa kecil.

Adapun cita-cita masa kecil dari para profesional muda ini kebanyakan menjadi dokter/perawat, pengusaha, guru/dosen, tentara/polisi/berkarir di bidang militer dan ilmuwan.

Baca: Betulkah Ada Istilah Beruntung Saat Melamar Pekerjaan?

Pekerjaan impianRawpixel Pekerjaan impian
Survei ini dilakukan pada 1.000 responden, dengan kategori pelajar 16-23 tahun dan profesional muda berusia 25-36 tahun yang memiliki pengalaman kerja dua tahun. Masing-masing kategori berjumlah 500 responden.

Dari survei yang diterima Kompas Lifestyle pada Sabtu (22/7/2017), juga disebutkan bahwa alasan pertama mereka bekerja di tempat sekarang karena tidak memiliki kesempatan untuk mengejar mimpi sebab latar belakang pendidikan dan kemampuan.

Alasan kedua adalah minat dan ketertarikan yang telah berubah. Dan alasan ketiga adalah memiliki komitmen keluarga dan alasan lainnya sehingga tidak dapat meraih pekerjaan impian.

Selain itu, mereka berpendapat memilih pekerjaan saat ini karena sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan yang dimiliki. Ditambah, pendapatan dan keuntungan yang baik.

Alasan terakhir adalah, "Saya memiliki minat yang tinggi terhadap pekerjaan saya saat ini dan pekerjaan tersebut juga memiliki makna khusus bagi diri saya," tulis survei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com