Kompas.com - 24/07/2017, 16:45 WIB
- shutterstock-
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Apakah Anda termasuk orang yang kerap lupa mencopot lensa kontak mata saat tidur dengan alasan terlalu lelah? Jika ya, sebaiknya ditinggalkan kebiasaan itu sekarang juga.

Belum lama ini tiga dokter melaporkan di British Medical Journal menemukan pasiennya menderita gangguan mata "bluish mass". Pasien berusia 67 tahun itu tadinya mengira keluhan mata kering dan tidak nyaman yang dideritanya karena faktor penuaan.

Ketika dokter hendak melakukan operasi katarak pada pasien tersebut, ternyata sumber masalahnya adalah lensa kontak yang tak pernah dicopotnya, bahkan dokter menemukan 27 lensa yang menempel.

"Tidak ada seorang pun dari kita yang pernah melihat ini sebelumnya," kata salah satu dokter spesialis mata, Rupal Morjaria yang ikut menangani kasus ini.

Kasus tersebut menjadi pengingat bagi pengguna lensa kontak untuk tidak membiarkan alat bantu penglihatan ini terus menerus menempel di mata. Selalu lepaskan dan cuci lensa kontak di malam hari sebelum tidur.

"Membiarkan lensa kontak saat tidur berisiko infeksi mata, bahkan jika dilakukan setiap hari, maka bukan tidak mungkin mata Anda akan rabun atau bahkan mengalami kebutaan," kata Dr.Christopher Quinn, presiden asosiasi dokter mata Amerika.

Data dari Centers for Disease Control and Prevention memperkirakan, sekitar 25 persen infeksi mata di dunia disebabkan oleh penggunaan lensa mata yang tidak benar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Quinn menjelaskan, bola mata membutuhkan oksigen agar tetap sehat. Bila Anda memakai lensa kontak terlalu lama, maka yang akan terjadi bola mata tidak akan mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Akibatnya, kornea mata akan membengkak dan menyebabkan abrasi kornea. Itulah yang menyebabkan bakteri mudah masuk dan menyebabkan infeksi.

Tidur dengan meninggalkan lensa kontak pada bola mata juga meningkatkan risiko ulkus kornea atau luka yang menyakitkan pada permukaan mata bagian depan yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

Selain itu, semakin lama Anda menyimpan lensa kontak Anda, semakin banyak kotoran, debu dan bakteri yang menumpuk di atasnya. Penumpukan bakteri dan kotoran dapat menyebabkan masalah kekebalan tubuh seperti konjungtivitis papiler atau ada benjolan di kelopak mata.

"Secara umum mata butuh waktu istirahat, jadi pastikan lepas lensa kontak sebelum tidur," kata Quinn.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X