Kompas.com - 25/07/2017, 15:40 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Pilihan kopi setiap orang unik. Ada yang suka kopi hitam apa adanya, ada yang suka ditambah susu, ada yang suka kopi dengan teknik pembuatan yang rumit. Karena variasinya yang luas, banyak juga yang mengaitkan pilihan kopi favoritnya itu dengan ciri kepribadiannya.

Peminum kopi hitam

Ada yang mengatakan bahwa pecinta kopi sejati hanya meminum kopi hitam. Tapi, bagi banyak orang kopi ini tidak menarik karena rasanya terlalu pahit.

Menurut penelitian, para penyuka kopi pahit cenderung lebih antisosial, narsis, dan bahkan psikopat. Sebuah studi tahun 2015 mengonfirmasi hipotesis bahwa orang yang lebih menyukai rasa pahit "dikaitkan dengan sifat yang berhubungan dengan sisi kepribadian yang lebih gelap." Anda mungkin bukan psikopat yang sedang memegang pisau jika menyukai kopi hitam, tapi Anda juga bukan orang yang paling ceria dan suka berteman.

Peminum espresso

Nah, kalau kopi hitam sudah pahit, espresso memiliki rasa pahit lebih kuat lagi. Hanya satu tegukan kecil dari espresso bisa sangat tajam. Demikian juga dengan orang yang meminumnya yang cenderung punya kepribadian yang tegas.

Jika pesanan kopi Anda espresso, itu bisa berarti Anda ingin mengasosiasikan diri dengan kelas sosial tertentu atau memang ambisius. Orang juga sering menghubungkan penyuka espresso dengan pelancong yang menyukai cita rasa berkelas.

Kopi dengan pemanis tambahan

Rasa pahit dikaitkan dengan kepribadian antisosial, jadi masuk akal jika penyuka kopi dengan pemanis tambahan punya kepribadian sebaliknya. Jika Anda menyukai banyak susu, krim dan gula di kopi Anda (dan bahkan whipped cream di atasnya), itu berarti Anda adalah tipe orang yang suka bergaul.

Pilihan kopi manis ini juga berarti Anda membutuhkan kenyamanan. Secara statistik, orang cenderung mengasup yang manis-manis saat mereka stres. Jika Anda memesan kopi dengan pemanis tambahan, kemungkinan Anda sedang mencari makanan enak karena ingin menurunkan stres atau memang ingin sesuatu yang baru

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X