Kompas.com - 27/07/2017, 17:15 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Gaya hidup dan kebiasaan yang kita lakukan sangat memengaruhi kondisi kulit. Dehidrasi, serta berada di ruangan berpendingin udara terlalu lama merupakan penyebab umum kulit menjadi kering.

Ada beberapa tanda kulit kering, secara fisik saat disentuh permukaan kulit akan terasa seperti kertas dan tidak memiliki cairan. Selain itu, kulit juga bisa terasa sedikit panas, gatal, dan juga mengelupas.

"Kalau sudah sampai gatal dan merah, bahkan sampai terpetak-petak, itu pertanda kulitnya ekstra kering," kata Dr.Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp.KK, dalam acara peluncuran Vaseline Repairing Jelly di Jakarta (26/7/2017).

Kulit yang sangat kering juga bisa disebabkan karena penyakit eksim atau terlalu sering mengalami penekanan, misalnya di bagian tumit, lutut, atau siku.

Menurut dokter yang akrab disapa Poppy ini, untuk kondisi ekstra kering dibutuhkan perawatan yang lebih ekstensif. "Untuk mengatasinya tidak cukup dengan losion atau pelembab biasa," katanya.

Pelembab yang mengandung zat oklusif seperti petroleum jelly dianggap lebih efektif memperbaiki kondisi kulit ekstra kering karena tidak mengandung air.

Dijelaskan oleh Mahnessa Siregar, Brand Manager Vaseline, Vaseline Repairing Jelly bekerja dengan menciptakan pembatas antar sel, sehingga mengunci kelembaban dan mempercepat proses pemulihan kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vaseline repairing jelly.Kompas.com/Lusia Kus Anna Vaseline repairing jelly.
"Zat oklusifnya memungkinkan untuk memperbaiki kulit kering, pecah-pecah, luka gores kecil, dan kulit mengelupas," katanya.

Menurut dr.Poppy, Vaseline Repairing Jelly mampu menyerap lebih dalam dibanding losion biasa dan mampu memberikan penutup pada lapisan kulit sehingga penguapan air tidak terjadi. Kulit pun menjadi lembab.

"Dibandingkan losion, petroleum jelly murni lebih aman karena tidak ada campuran apa pun. Tetapi, tidak disarankan untuk dipakai di kondisi yang lembab karena bisa menyebabkan gerah dan keringat tidak bisa keluar, akhirnya malah bisa biang keringat," ujarnya.

Vaseline Repairing Jelly yang sudah digunakan sejak tahun 1870 ini kini secara resmi berada di Indonesia. Menurut Mahnessa, produk Vaseline ini memiliki banyak kegunaan, tak hanya untuk kulit. "Produk ini sering juga disebut wonder jelly karena ada banyak manfaat," katanya.




Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.