Kompas.com - 28/07/2017, 07:11 WIB
Aqua berkolaborasi dengan seniman Eko Nugroho untuk mendesain secara khusus kemasan botol Aqua Reflections. Kompas.com/Iwan SupriyatnaAqua berkolaborasi dengan seniman Eko Nugroho untuk mendesain secara khusus kemasan botol Aqua Reflections.
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Seniman kontemporer Eko Nugroho didapuk oleh perusahaan air minum Aqua untuk mendesain dua gambar di bagian botol Aqua Reflection Still dan Aqua Reflections Sparkling.

Dalam mendesain gambar di botol minuman tersebut, perupa asal Yogyakarta itu mengusung tema "Bening". Menurut Eko, tema tersebut sangat cocok jika diaplikasikan ke botol Aqua.

"Bening ini lebih ke pendalaman makna, yakni sesuatu yang bermanfaat untuk kesehatan," kata Eko saat ditemui di acara peluncuran Aqua Reflections di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Sebelumnya Eko mendesain 10 gambar dengan konsep Bening, namun hanya terpilih dua saja. Menurut Eko, konsep bening tidak menghilangkan esensi dari Aqua itu sendiri.

"Ada yang colourfull sesuai ciri khas karya saya, tetapi akhirnya hanya terpilih dua dengan warna biru dan hijau," terang Eko.

Eko Nugroho adalah salah satu seniman kontemporer tanah air yang karyanya sudah berhasil dipamerkan di beberapa negara. Selama 10 tahun terakhir ini saja, Eko telah diundang untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai acara seni ternama seperti, Biennale and Triennials Internasional.

Selain itu, Eko juga tercatat telah melakukan pameran di museum, institusi dan galeri bergengsi di seluruh dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Botol Aqua Reflection of You yang didesain oleh seniman Eko Nugroho.Kompas.com/Iwan Supriyatna Botol Aqua Reflection of You yang didesain oleh seniman Eko Nugroho.
Dalam kerjasamanya dengan Aqua, Eko hanya membutuhkan waktu selama tiga minggu untuk menciptakan desain yang saat ini menghiasi produk Aqua Reflections.

Terkait pemilihan warna, biru dan hijau diakui Eko adalah warna favoritnya. Ia pun mengaku senang ketika pihak Aqua memilih warna tersebut. Menurutnya, tersebut sangat mencerminkan konsep Bening.

Seniman yang terbiasa melukis melalui media kertas, dinding, maupun bahan bordir ini, mengaku walau karyanya dicetak di botol kaca, namun tak mengubah ciri khasnya.

Eko bercerita tentang sosok yang terlihat seperti mengintip di desain Bening ini. Menurut dia, itu adalah gambaran nyata yang terjadi di masyarakat.

"Karya saya selalu bicara soal topeng dan identitas, dan ini tercermin di generasi yang saya alami. Karena banyak seniman yang berkarya sesuai zamannya dan di karya saya ada seseorang yang berada di balik topeng," tambah Eko.




Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.