Rumus Yunani Menjelaskan Bagaimana Pria Disebut Tampan

Kompas.com - 31/07/2017, 15:04 WIB
Aktor Hollywood, George Clooney. AP PhotoAktor Hollywood, George Clooney.
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Anda mungkin sepakat --dan sedikit iri-- bahwa George Clooney adalah pria tampan. Namun ketampanan aktor berusia 56 tahun itu tidak hanya berdasarkan penglihatan kita saja. Menurut formula kuno Yunani soal ketampanan, wajah Clooney ternyata memiliki kecocokan rasio hingga 92 persen.

Adapun formula yang disebut “rasio emas ketampanan” itu menggunakan ukuran-ukuran, seperti lebar wajah, ukuran hidung, mata, dan lain-lain, untuk menentukan apakah wajah seseorang ideal atau “berantakan.”

Dalam sebuah aplikasi komputer yang dikembangkan berdasarkan aturan tersebut, juga ditemukan bahwa Ryan Gosling memiliki bentuk hidung sempurna, Harry Styles memiliki mata yang indah dan dagu mempesona, sementara David Beckham memiliki bentuk wajah paling sempurna.

Adalah ahli bedah plastik Dr. Julian De Silva yang menguji wajah Clooney menggunakan teknik pemetaan wajah. Komputer mengukur bentuk mata, alis, hidung, dagu, rahang, dan bentuk wajah Clooney, lalu mencocokkannya dengan rasio ketampanan ideal  Yunani kuno. Dan angka yang keluar untuk Clooney adalah yang tertinggi dibanding tokoh lainnya.

Baca: Terungkap, Rahasia Tampan Ryan Reynolds

Bradley Cooper keluar di urutan kedua dengan kecocokan 91,8 persen, sedangkan Brad Pitt di urutan ketiga dengan angka 90,51 persen. Penyanyi One Direction, Harry Styles di urutan empat dengan angka 89.63 persen, dan David Beckham di urutan lima dengan 88.96 persen.

Da silva, yang menjalankan Pusat Bedah Plastik dan Kosmetik Wajah di London mengatakan, “George Clooney sudah sejak lama dianggap sebagai pria paling tampan di dunia. Dan sungguh luar biasa bahwa status itu kini didukung oleh ilmu pengetahuan dan formula kuno.”

Menurut Da Silva, Clooney memiliki bentuk wajah simetris yang paling mendekati anggapan formula Yunani kuno mengenai wajah yang sempurna. “Ia memiliki rasio hidung ke bibir nyaris sempurna di angka 99,6 persen, sedangkan dagu dan matanya di posisi yang ideal,” ujar Da Silva. “Dari 12 rumus kunci, ia memiliki kombinasi skor tertinggi.”

Rasio Emas adalah rumus matematika yang dibuat orang-orang Yunani untuk mengukur ketampanan atau kecantikan. Rasio ini juga bisa digunakan untuk hal-hal lain, seperti dipakai Leonardo da Vinci menggambarkan tubuh manusia dalam karya Vitruvian Man.

Dalam formula ini, semakin dekat rasio wajah atau tubuh terhadap angka 1,618 atau Phi, maka makin sempurnalah dia.

Nah, bila Anda tidak termasuk dalam kategori tampan, jangan khawatir. Karena untuk menjadi sosok menarik ada hal lain yang bisa dilakukan.

Baca: Bagaimana Tetap Menarik Meski Tidak Ganteng



Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X