Kompas.com - 01/08/2017, 07:00 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Apakah kulit Anda termasuk kering, normal, kombinasi, atau berminyak? Anda mungkin merasa sudah tahu jenis kulit Anda melalui majalah remaja, tetapi terjadi perubahan seiring dengan usia.

Mengetahui jenis kulit sangat penting sebelum kita menentukan jenis produk perawatan kulit yang tepat atau rutinitas yang diperlukan.

Berikut adalah tiga cara mudah untuk mengetahui jenis kulit yang dimiliki.

- Bagaimana rasanya
Tekstur kulit bisa mengungkap kondisinya dan produk yang diperlukan untuk merawatnya. Jika kulit Anda terasa kencang, itu menandakan jenisnya kering. Sementara kulit yang berminyak akan terasa lebih lengket dan mengilap.

Sedangkan kulit jenis kombinasi akan terasa kering di semua bagian wajah kecuali zona-T, yakni dahi, hidung, dan dagu. Pada kulit normal akan terasa seimbang, tidak terlalu kering atau berminyak.

- Cek pori kulit
Apa pun jenis kulitnya, kita akan melihat pori-porinya. Yang membedakan adalah ukuran dan seberapa sering terjadi sumbatan. Biasanya, pori-pori kulit yang besar dan tersumbat di bagian hidung merupakan indikator kulit berminyak, sementara orang yang kulitnya kering akan memiliki pori yang kecil dan terasa kencang.

Pada kulit kombinasi, pori-porinya cenderung lebih besar di sekitar hidung dan kecil di area lain. Orang yang kulitnya normal memiliki pori-pori lebih sedikit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

- Seberapa sering butuh pelembab
Semua jenis kulit butuh pelembab untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi, namun seberapa sering kita perlu menggunakannya akan mengungkap jenis kulit.

Pada orang yang memiliki kulit berminyak, beberapa pelembab akan membuat kulit mereka terasa lengket, sedangkan yang berkulit kering merasa butuh produk yang lebih kuat, terutama setelah membersihkan wajah dan pagi hari.

Jika Anda memiliki kulit kombinasi, itu akan membuat Anda perlu memakai pelembab di area tertentu saja di wajah. Pada kulit jenis normal kulit tetap akan terasa terhidrasi sepanjang hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.