Inilah Olahraga yang Membakar Kalori Terbanyak

Kompas.com - 02/08/2017, 15:10 WIB
Petinju Inggris, Anthony Joshua (kiri), melancarkan pukulan ke arah petinju Ukraina, Wladimir Klitschko, pada ronde keempa pertandingan kelas berat di Wembley Stadium, London, Sabtu (20/4/2017). BEN STANSALL/AFP PHOTOPetinju Inggris, Anthony Joshua (kiri), melancarkan pukulan ke arah petinju Ukraina, Wladimir Klitschko, pada ronde keempa pertandingan kelas berat di Wembley Stadium, London, Sabtu (20/4/2017).
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Bila Anda ingin membakar kalori sebanyak-banyaknya dengan olahraga, maka tinju sebaiknya menjadi salah satu pertimbangan untuk dipilih. Ini bukan semata-mata karena kita ingin tampil keren seperti Conor McGregor atau berlimpah kekayaan seperti Floyd Mayweather.

Menurut riset yang dilakukan produk suplemen Forza, tinju menduduki peringkat atas sebagai olahraga yang membakar paling banyak kalori. Satu jam berlatih tinju secara intensif setara dengan pembakaran 800 kalori.

Apa yang membuat latihan tinju begitu efektif membakar kalori? Menurut penelitian, tinju adalah olahraga yang menggerakkan seluruh bagian tubuh, artinya lebih banyak otot yang bekerja selama latihan. Ia juga melibatkan gerakan-gerakan cepat, bertenaga, dan intensif sehingga menjadi semacam latihan interval ekstrim. Selain tinju, olahraga serupa yang juga membakar banyak kalori adalah muay thai.

Baca: 5 Jalan Mendapatkan Tubuh Petarung Beserta Bonusnya

Di urutan selanjutnya adalah squash yang membakar 748 kalori dalam satu jam latihan, melampaui olahraga raket lain karena squash cenderung membuat pemainnya melakukan rally lebih lama dan lebih sedikit kesempatan bernafas selama bermain.

Pemain squash biasanya akan banyak mengejar bola, memukul, dan melakukan banyak gerakan memutar tubuh yang menguras tenaga. Namun hasilnya mereka akan meningkatkan kekuatan otot, ketahanan tubuh, serta mendapatkan kelenturan.

Berikut 10 latihan yang terbanyak membakar kalori:

  1.  Tinju (800 kalori/jam)
  2. Squash (748 kalori/jam)
  3. Mendayung di danau atau sungai (740 kalori/jam)
  4. Berlari cepat (700 kalori/jam)
  5. Berenang gaya kupu-kupu (680 kalori/jam)
  6. Rugby (614 kalori/jam)
  7. Sepakbola (612 kalori/jam)
  8. Bersepeda cepat (604 kalori/jam)
  9. Angkat beban dan kardio (590 kalori/jam)
  10. Lari di treadmill (580 kalori/jam

Baca: Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Saat Bersepeda?

Secara keseluruhan Forza menganalisa 50 aktivitas termasuk hal-hal yang tidak kita sangka juga membakar kalori. Misalnya bermain piano ternyata membakar 100 kalori/jam, mengamati burung 101 kalori/jam, bercinta 200 kalori/jam, mandi 35 kalori/jam, nonton TV sambil berdiri 20 kalori/jam, sedangkan bila sambil tiduran di sofa tidak membakar kalori sama sekali alias 0 kalori/jam.

Baca: 7 Manfaat Kesehatan yang Didapatkan dari Bercinta

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber DMarge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X