Kompas.com - 03/08/2017, 10:30 WIB
Tiga Masterpiece Retrofridge dipamerka di Modena Experience Center, Jakarta, Rabu (2/8/2017). KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYATiga Masterpiece Retrofridge dipamerka di Modena Experience Center, Jakarta, Rabu (2/8/2017).
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Karya seni bisa tampil di mana pun, bahkan di barang-barang rumah. Sebuah benda akan berubah menjadi seni saat mendapat sentuhan dari seniman—yang tentu berpengelaman dan memang menggeluti di bidangnya.

Ide dasar ini kemudian diadopsi oleh Modena Indonesia yang bekerjasama dengan tiga seniman seni rupa Indonesia untuk mengeluarkan peralatan rumah tangga edisi terbatas, yakni Masterpiece Retrofridge, kulkas berdesain retro yang diberikan sentuhan seni rupa.

Ketiga seniman yang menghiasinya adalah Hendra ‘Hehe’ Harsono, Radi Arwinda dan Kemal Ezedine.

Featuring dengan seniman pada sebuah produk merupakan impian yang sudah ada sejak lama, kata Direktur Modena Indonesia Robert Widjaja. Retrofridge dipilih karena desain yang menarik dan memiliki sentuhan seni.

“Retrofridge dari awal memang memperhatikan desain. Dilihat dari sudut-sudutnya, tidak ada yang runcing—tapi oval. Dari warna juga beragam cerah dan eyecatching,” kata Robert kepada Kompas Lifestyle di Modena Experience Center, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Karenanya, kulkas itu dianggap cocok dan diserahkan kepada ketiga seniman untuk dijadikan sebuah maha karya. Mereka mulai mengerjakan dengan gaya dan ciri khas masing-masing.

Cerita masa kecil

Hehe, pelukis asal Yogyakarta ini memunculkan karakter-karakter anomali pada lukisan di atas kulkas berwarna krem. Dia mencampurkan warna cerah seperti biru, kuning, oranye serta memadukan dengan warna cokelat. Lukisan ini memiliki nuansa yang menyenangkan.

Hehe menjelaskan lukisan ini memiliki kenangan masa kecil dia saat pertama kali memiliki kulkas, yaitu rasa senang yang bercampur aduk dengan rasa penasaran terhadap kulkas.

Hehe membubuhkan cerita kala dia membuat puding dan dimasukan ke kulkas, namun gagal. Kisah masa kecil yang dianggap pernah dialami hampir setiap anak yang memiliki kulkas tampil dalam lukisannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.