Krimer Pengganti Santan dan Susu dalam Makanan

Kompas.com - 08/08/2017, 16:48 WIB
FiberCreme, krimer yang komponen utamanya berupa serat pangan dan lemak nabati. Bahan ini bisa menggantikan susu dan khususnya santan pada pangan. KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAFiberCreme, krimer yang komponen utamanya berupa serat pangan dan lemak nabati. Bahan ini bisa menggantikan susu dan khususnya santan pada pangan.
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Santan dan susu adalah dua bahan makanan yang memiliki fungsi penting untuk meningkatkan rasa makanan. Namun, konsumsi keduanya sering dihindari karena jumlah kalorinya yang tinggi serta meningkatkan kolesterol.

Sebagai alternatif, kini tersedia FiberCreme, krimer yang komponen utamanya berupa serat pangan dan lemak nabati. Krimer ini juga diklaim mengandung serat yang tinggi sehingga membantu menyehatkan pencernaan.

"Kita semua tahu bahwa di Indonesia semua makanan harus enak. Kita mau bantu orang Indonesia agar bisa tetap makan enak, juga sehat," kata Direktur PT Lautan Natural Krimerindo Hendrik Gunawan yang memproduksi FiberCreme dalam acara peluncuran di Jakarta (8/8/2017).

Hendrik menjelaskan, produk ini memiliki kelebihan berupa serat pangan oligosakarinda yang rendah kalori.

Menurut penjelasan dr.Hardianto Setiawan Ong, SpPD-KGEH, konsumsi makanan yang mengandung serat memang dianjurkan untuk mengontrol keinginan makan berlebih dan juga kesehatan pencernaan.

"Produk ini kalau dilihat dari kandungan seratnya lebih baik dibandingkan santan murni dan yang banyak mengandung lemak atau gula," ujarnya dalam acara yang sama.

Dari segi rasa, dalam beberapa masakan yang didemokan oleh Chef Yuda Bustara menggunakan FiberCreme rasa creamy lebih menonjol. Misalnya saja sayur daun singkong yang terasa lebih gurih dibanding menggunakan santan kelapa. Demikian juga dengan mi kari dan chocolate powder, rasa manis dan creamnya menguatkan rasa masakan itu sendiri.

Dijelaskan oleh Chef Yuda, pemakaian FiberCreme cukup hemat karena hanya diperlukan sekitar satu sendok makan untuk membuat satu mangkuk mi kari . "Tidak boros seperti santan. Produk ini juga cocok untuk yang tidak memiliki kulkas untuk menyimpan santan," katanya.

Sementara itu, untuk membuat sayur daun singkong untuk ukuran piring besar diperlukan 7 sendok makan krimer dan perlu 12 sendok makan untuk memasak opor ayam.

Menurut Hendrik, FiberCreme sudah tersedia di sebagian besar toko ritel modern. FiberCreme tersedia dalam kemasan sachet, botolan, dan karton.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X