Kompas.com - 08/08/2017, 20:19 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Serat makanan merupakan komponen dalam makanan yang tidak bisa diserap secara utuh dalam pencernaan. Di dalam tubuh, serat bisa menambah volume kotoran termasuk menurunkan kolesterol.

Menurut penjelasan dr.Hardianto Setiawan Ong, Sp.PD-KGEH, konsumsi serat yang cukup juga bisa menurunkan risiko kanker usus.

"Di dalam usus besar, serat pangan membantu menyerap sisa pencernaan yang bersifat karsinogen, sehingga dapat mengurangi resiko kanker kolon dan gangguan gastrointestinal lainnya," kata Hardianto dalam peluncuran FiberCreme, krimer pengganti susu dan santan pada makanan, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Manfaat lain dari serat adalah menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal sehingga mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

Serat dapat ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, serta kacang-kacangan. Setiap hari kita direkomendasikan mengonsumsi 38 gram serat untuk laki-laki dan 25 gram untuk perempuan.

Sayangnya, kebanyakan orang kurang memenuhi kecukupan serat. Ini karena pola makan kita biasanya kurang sayur dan buah, atau pun serelia utuh. Akibatnya, gangguan konstipasi atau sulit buang air besar menjadi rentan diderita, perut mudah lapar, dan juga kadar gula darah kacau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.