Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2017, 07:40 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan dari kita seringkali mengambil langkah aman dengan memilih menu makanan yang sudah kita kenal, seperti nasi goreng atau mie rebus. Padahal kita mestinya tidak ragu bertanya dan mencoba menu baru yang terdapat di suatu restoran.

Begitu saran Petty Elliott, chef perempuan asal Indonesia yang berhasil meraih penghargaan tertinggi pada Gourmand World Cookbook Awards 2017 lewat buku masakannya yang berjudul Jakarta Bites: Exploring Vibrant Street Food from the Heart of Indonesia.

"Biasanya masyarakat kita tidak atau kurang tertarik untuk bertanya, sehingga kalau pesan makanan hanya itu-itu saja. Semestinya jangan ragu bertanya menu baru atau menu spesial di restoran itu," kata chef yang memulai karirnya sejak 2004 ini kepada Kompas Lifestyle.

"Sekalipun nama yang tercantum di dalam menu makanan terasa aneh atau kurang familiar di pendengaran Anda, Anda patut mencobanya," lanjut Petty.

Baca juga: Beda Orang Amerika dan Indonesia Saat ke Restoran

Menurut Petty, mencoba menu baru di suatu restoran akan semakin menambah referensi Anda tentang makanan-makanan daerah atau internasional, bahkan kombinasi dari keduanya.

Petty juga menyarankan masyarakat Indonesia untuk belajar seperti orang-orang Amerika dan Eropa yang terlebih dahulu mencari informasi terkait restoran yang akan disambangi. Sehingga pada saat sampai di restoran yang dituju, tidak bingung lagi untuk memesan makanan apa.

Selain itu, pihak restoran juga disarankan untuk menciptakan komunikasi yang baik dengan pengunjung untuk memberitahukan menu-menu baru yang disajikan.

"Penting untuk memberitahukan menu-menu baru apa saja yang spesial, itu bisa membantu pengunjung untuk mencoba menu baru," tutur Petty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com