Kompas.com - 09/08/2017, 09:33 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Para orangtua, coba perhatikan coretan-coretan yang dibuat anak Anda. Ternyata ada alasan ilmiah yang menunjukkan apakah anak Anda berbakat menjadi orang sukses lewat apa yang dia gambarkan.

Menurut study yang dilakukan tahun 2016 lalu, anak usia 7 hingga 9 tahun yang berbakat umumnya menyertakan detail-detail khusus ketika menggambar sosok manusia. Bila anak Anda ternyata menggambarkan detail-detail ini, bisa jadi dia memiliki bakat jenius.

Para peneliti yang menganalisa gambar-gambar yang dibuat oleh 120 anak mengidentifikasi 30 detail kunci yang bisa jadi merupakan tanda bakat lahir yang dimiliki anak. Dari 47 anak berbakat yang dilibatkan dalam study itu, 43 persen ternyata menggambarkan hal-hal khusus pada coretannya.

Hal-hal itu antara lain adalah riasan mata, ingus, kerutan kulit, janggut tipis, kawat gigi, dasi, badge, bulu-bulu di tangan, sarung tangan, cincin, atau dompet berantai. Selain detail itu, peneliti juga mencatat bahwa anak yang berbakat menggunakan pendekatan berbeda saat menggambar orang. Tidak seperti pose yang umum, mereka menggambar dengan pose unik, misalnya orang dengan tangan dimasukkan dalam kantong, atau tangan di belakang.

Baca: Kiat Temukan Bakat Anak pada Seni

“Meski begitu, jangan keliru menganggap ini sebagai ukuran kecerdasan. Penelitian ini tidak mengukur IQ, namun melihat tanda-tanda bakat yang dimiliki anak,” ujar Sven Mathijssen, salah satu peneliti yang bekerja di Pusat Penelitian Bakat Universitas Radboud, Belanda. “Apa yang dianggap bakat ini lebih besar dari kecerdasan.”

Menurut Mathijssen, tes IQ atau tingkat kecerdasan umumnya hanya menguji apakah jawaban seseorang salah satau benar. Namun bakat diukur lewat banyak hal, salah satu indikatornya adalah kreativitas.

Penting juga untuk dicatat bahwa tidak semua anak berbakat akan membuat gambar-gambar khusus. Ini hanyalah salah satu indikator bahwa anak memiliki pengamatan secara detail dan lebih kreatif dalam menggambarkannya.

Namun bila Anda mendapati tanda-tanda khusus seperti di atas pada gambaran anak Anda, berbahagialah karena barangkali junior Anda memiliki bakat untuk menjadi orang sukses.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.