Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2017, 11:01 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - “Berapa perempuan yang pernah bercinta denganmu?” Mungkin itu adalah pertanyaan yang paling mengerikan dan sulit dijawab oleh pria, apalagi bila yang menanyakan adalah pasangan.

Menurut survei terhadap 1.000 orang Eropa dan Amerika Serikat oleh DrEd.com, situs kesehatan seksual yang berbasis di Inggris, beberapa pria mengatakan tidak bermasalah untuk menjawabnya dengan jujur. Namun, 22 persen pria Amerika Serikat yang pernah bercinta dengan 16 atau lebih perempuan berbeda mengaku memilih berbohong dan akan mengecilkan jumlah tersebut.

Temuan lain adalah sebanyak 30 persen responden, baik pria maupun wanita, mengaku tidak ingin berbagai cerita soal pengalaman seksual mereka karena menganggap hal itu tidak penting.

Namun bila kebetulan pertanyaan semacam ditujukan pada Anda oleh pasangan, bagaimana menghadapi situasi yang canggung ini? Apakah mengalihkan topik? Berbohong? Berpura-pura tidak mendengar, atau bagaimana?

Pertama-tama yang harus diperhatikan adalah kapan pasangan Anda bertanya, ujar Psikoterapis Leslie Bell, PhD . Jika pertanyaan tersebut muncul pada awal kencan—maka tak masalah bila Anda menghindari pertanyaan tersebut dan mengatakan bahwa Anda ingin lebih mengenal satu sama lain dulu sebelum bicara soal masa lalu.

Menurut peneliti seks, Kristen Mark, PhD, berbagi informasi soal kehidupan seks dianggap tidak memberi keuntungan dalam hubungan. Anda bisa mengatakan bahwa masa lalu biarlah lewat, yang penting adalah hubungan saat ini. Selain itu, membicarakan mantan akan lebih banyak memunculkan kecemburuan daripada hal positif.

Meski demikian, keputusan apakah ingin membagikan informasi tersebut atau tidak, tetaplah tergantung pada pertimbangan Anda dan melihat kedewasaan pasangan.

Bagaimana kalau berbohong? Mark dan Bell mengingatkan bahwa kejujuran adalah sikap yang paling baik dan bijak. Tentu Anda tidak ingin kebohongan di masa lalu muncul di kemudian hari—yang kemudian justru bisa menghancurkan hubungan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com