Kompas.com - 09/08/2017, 19:15 WIB
Ilustrasi selingkuh AntonioGuillemIlustrasi selingkuh
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Wanita dengan usia pernikahan 6-10 tahun lebih rentan terhadap perselingkuhan dibanding mereka yang baru menikah atau sudah lama menikah. Sedangkan pada pria, semakin lama usia pernikahan, semakin rentan pula untuk selingkuh.

Setelah melakukan survei terhadap 423 orang, para peneliti menemukan bahwa wanita yang usia pernikahannya enam sampai 10 tahun lebih besar kemungkinan untuk terlibat dalam perselingkuhan di luar nikah. Kondisi tersebut berbeda pada pria yang cenderung makin "nakal" setelah usia pernikahan makin lama.

Berdasarkan penelitian yang  dimuat di Journal Sex Research itu, pria yang menikah 11 tahun atau lebih memiliki keinginan lebih besar untuk bertualang mencari pasangan lain.

Baca juga:Kapan Keinginan Selingkuh Muncul dalam Pernikahan?

Mengapa wanita lebih rentan melakukan perselingkuhan di usia pernikahan antara 6 sampai 10 tahun?

Alasannya, pada usia pernikahan yang masih muda, anak-anak masih terlalu kecil sehingga sebagian besar waktu dan perhatian tercurah pada anak dan keluarga.

Ketika anak sudah lebih besar, secara evolusi manusia memiliki kecenderungan untuk mencari pasangan. Itu sebabnya, usia pernikahan di atas 6 tahun menjadi masa yang lebih kritis bagi wanita.

Sementara ketika usia pernikahan semakin lama, selain faktor menopause, pada tahapan itu para wanita kebanyakan ingin fokus memperbaiki kualitas hidupnya.

Michael Steger, Ph.D. seorang periset dan pakar kehidupan berkualitas mengatakan, salah satu alasan wanita enggan berselingkuh ketika usia pernikahannya sudah lama, karena selain umurnya yang bertambah tua, dia juga sudah mulai merenungkan hal-hal yang telah atau belum pernah dia capai dalam dekade terakhir ini.

Sedangkan kecenderungan selingkuh pada pria seiring dengan pertambahan usia pernikahan terkait dengan kebosanan, kondisi fisik pasangan yang dianggap tidak lagi menarik, dan kepemilikan uang yang lebih banyak.

Baca juga:Makin Tua Makin Tak Tahan Godaan Selingkuh

Bagi para pria, agar pasangan Anda tidak tergoda untuk berselingkuh, jadilah orang yang selalu menjadi bagian dari hidupnya. Jadilah teman setia yang selalu siap mendengarkan ceritanya. Hal-hal seperti itu akan menunjukkan bahwa hal-hal terbaik dengan Anda akan terus selalu ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.