Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 23/02/2023, 12:58 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Beraktivitas di luar ruang memang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Tapi di wilayah tropis seperti Indonesia, ada hal-hal yang harus diperhatikan, misalnya sengatan lebah atau serangga lainnya.

Bagaimana menghindarinya? Berikut 6 tips yang bisa kita lakukan agar tawon dan teman-temannya menjauh dari kita.

Jangan terlalu wangi

Tawon, lebah, dan banyak serangga lain tertarik pada bunga. Jadi bila kita mengenakan krim atau wewangian dengan aroma bunga, serangga-serangga akan mendekat karena mengira ada bunga di sekitarnya. Jadi lebih baik gunakan produk yang berbau netral.

Bahkan jika mau, makan bawang putih akan membuat nyamuk dan serangga lain (juga teman-teman kita) menyingkir karena tubuh kita akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

Baca juga: Tips Sederhana untuk Mencegah dan Mengobati Sengatan Lebah dan Tawon

Hindari warna mencolok

Selain wangi, bunga umumnya juga memiliki warna cerah dan mencolok. Sehingga mengenakan pakaian atau aksesoris warna-warni dengan motif ramai akan membuat lebah mengira kita sebagai kumpulan  bunga.

Bila tidak ingin menjadi pusat perhatian serangga, gunakanlah warna-warna yang lebih redup seperti warna tanah.

Perhatikan makanan dan minuman 

Ingat pepatah ada gula ada semut? Ya, kebanyakan serangga menyukai makanan dan minuman manis.

Lebah juga tertarik pada minuman bergula yang kita bawa. Karenanya simpanlah bekal dalam wadah tertutup agar tidak menarik serangga tersebut.

Baca juga: Ketahui, Efek Sengatan Semut Api dan Cara Mengatasinya

Pakai alas kaki

Banyak serangga tinggal di permukaan tanah. Bila kita tidak sengaja menginjak sarang atau mengganggu aktivitas mereka dengan kaki telanjang, bersiaplah untuk menerima gigitan atau sengatan. Cara terbaik adalah melindungi kaki dengan sepatu.

Tetap tenang

Bila lebah atau serangga penyengat lain terlanjur mendekat, tetaplah bersikap tenang. Gerakan menghalau atau kepanikan berlebih justru membuat hewan-hewan kecil itu lebih agresif. Lebih baik menyingkir agar tidak harus merasakan nyerinya disengat.

Gunakan lotion anti serangga

Walau minyak dan lotion anti serangga kebanyakan ditujukan untuk menghalau nyamuk, namun benda yang sama juga bisa mengusir serangga lain. Dengan menggoleskannya, Anda akan terhindar dari hewan-hewan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com