Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Chef Mengatasi Rasa Hambar Masakan di Pesawat

Kompas.com - 11/08/2017, 08:59 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com -Mungkin Anda berpikir makanan di pesawat tidak seenak makanan di restoran atau warung. Namun jangan buru-buru menganggap orang yang memasaknya kurang ahli. Apa yang Anda makan di pesawat terasa hambar karena lidah Anda memang sedang tidak peka.

Perlu diketahui, lidah dan indera penciuman seseorang akan mengalami pengurangan fungsi pada ketinggian 30.000 kaki atau sekitar 9 km saat kita terbang. Hal tersebut dibenarkan oleh Executive Chef of Ron Gastobar Indonesia in Amsterdam, Chef Agus Hermawan di sela-sela acara “Launching Campaign Star Chef & Kartu Kredit BNI Mastercard World” di Jakarta.

"Ya benar, memang kalau kita berada di dalam pesawat di ketinggian tertentu, makanan yang kita makan seolah rasanya hambar," kata Chef asal Indonesia yang kini menetap di Amsterdam kepada Kompas Lifestyle, Kamis (10/8/2017).

Untuk mengakali agar makanan yang dimasak tidak memiliki rasa hambar, Chef Agus memiliki cara tersendiri, yakni menambah kadar bumbu sebanyak 20 persen dari biasanya.

"Misal makanan pedas, di darat kita coba dulu rasanya pedas, setelah itu kita tambah lagi 20 persen kadar pedasnya supaya ketika di atas rasanya sesuai dengan lidah, Begitu pun dengan makanan manis, asin dan sebagainya," tutur Agus Hermawan.

Baca: Lupakan Keinginan Bercinta di Toilet Pesawat

Selain Chef Agus, Chef sekaligus pakar kuliner Vindex Tengker pun mengamininya. Serupa dengan Chef Agus, Chef Vindex juga menambah bumbu dan rempah-rempah masakannya yang akan disajikan di atas pesawat.

"Ya, pasti rasanya akan lebih kuat daripada masakan untuk dikonsumsi di darat. Untuk di pesawat penambahan rempah-rempahnya lebih banyak lagi untuk mempertahankan rasa," ujar Chef Vindex Tengker.

Dalam acara ini juga diumumkan bahwa Garuda Indonesia akan menghadirkan signature menu dari 4 “Star Chef” di Business Class pada penerbangan Garuda Indonesia untuk periode 1 September – 31 Desember 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com