Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Anda Perbedaan Paprika Hijau, Kuning, dan Merah?

Kompas.com - 14/08/2017, 06:09 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Bila Anda terbiasa menggunakan paprika sebagai pelengkap bahan makanan, ternyata bedanya tak hanya di warna, melainkan rasa dan tingkat nurtisi.

Selain karena warna, belum banyak orang yang mengetahui apa perbedaan antara paprika hijau, kuning, dan merah, kata ahli diet asal Ohio dan pemilik blog ramah lingkungan Lean Green Bean, Lindsay Livingston. Paprika bisa berbeda warna bukan karena jenisnya, namun karena proses pematangan yang berbeda.

"Paprika berwarna hijau dipetik sebelum benar-benar matang," kata Livingston. "Jika Anda menunggu lebih matang, mereka akan berubah warna menjadi kuning, lalu oranye, lalu saat benar-benar sudah matang paprika akan berwarna merah."

Namun, perbedaan warna itulah yang perlu Anda perhatikan bila tujuan memasak paprika adalah untuk mendapatkan rasa maupun nutrisi terbaik. Saat paprika dipetik lebih awal, rasanya menjadi kurang manis di samping mengandung lebih sedikit vitamin A, C, dan B6.

Baca: Napas Naga, Cabai Terpedas di Dunia, Sensasinya Bisa Membunuh Kita

Bila dijabarkan, paprika hijau memiliki rasa getir bahkan pahit dan memiliki nutrisi paling sedikit. Paprika kuning dan dan oranye memiliki rasa sedikit manis dengan kandungan vitamin lebih banyak dari paprika hijau. Sedangkan paprika merah menyajikan rasa manis terbaik dan mengandung cukup banyak vitamin karena melalui proses pematangan yang sempurna.

Hal ini juga yang membuat perbedaan saat memasak dengan paprika, kata Livingston, jadi pastikan untuk menggunakan warna paprika yang sesuai dengan resep. Namun, jika Anda hanya menggunakan paprika karena kebiasaan, pilihlah paprika merah, karena dengan begitu makanan yang Anda santap akan semakin kaya dengan nutrisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com