Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Lancar Berbahasa Inggris saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 16/08/2017, 20:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai bahasa internasional, menguasai bahasa Inggris menjadi syarat wajib jika kita ingin sukses menaklukan dunia kerja. Namun, tak sedikit calon pekerja yang gagal mendapatkan pekerjaan impian karena masalah bahasa.

"Banyak orang yang ahli di bidangnya atau kompeten, namun tidak bisa berbahasa Inggris. Akhirnya tidak bisa bersaing, karena pemilik perusahaan tidak akan percaya karena dianggap tidak bisa berkomunikasi," kata Donna Limuel GM Operational Wall Street English, lembaga kursus bahasa Inggris, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kemampuan berbahasa Inggris pertama kali akan dites ketika kita melakukan wawancara kerja. Jika kemampuan kita di bawah standar dan "belepotan", bisa-bisa kita akan tersingkir oleh kandidat lain.

Agar bahasa Inggris tidak mengalami ganjalan untuk meraih pekerjaan, Donna mengingkatkan pentingnya melakukan persiapan dan latihan secara rutin.

"Ketahui diri Anda dan siapkan diri apa yang mau dikatakan dan dilakukan saat interview. Penting untuk terus berlatih berbicara, misalnya mengikuti kelas speaking," terangnya.

Berdasarkan catatan Wall Street English, hingga saat ini rata-rata siswa atau mahasiswa yang memahami bahasa Inggris dengan lancar adalah mereka yang pernah kursus atau berasal dari sekolah favorit dan sekolah internasional.

Sementara, siswa yang tidak pernah kursus bahkan takut untuk mencoba bicara, akan kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris.

Untuk mempercepat penguasaan bahasa Inggris, saat ini Wall Street English menggunakan metode blended learning method dan flipped classroom.

"Metode tersebut memadukan interaksi face-to-face oleh para expert dengan suasana yang mendukung. Tujuannya agar orang bisa belajar bahasa Inggris lebih efektif dan dapat meningkatkan rasa percaya diri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com