Kompas.com - 18/08/2017, 15:28 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Rutin melakukan latihan memang menjadi kunci untuk membentuk otot tubuh, tetapi disiplin berlatih saja kurang cukup.

Menurut Nano Oerip, Program & Development Manager Gold's Gym Indonesia, ada beberapa faktor yang mendukung keberhasilan pembentukan otot.

"Perlu dipahami, dalam setiap latihan apapun, mau pemula, suka nge-gym atau atlet, tidak hanya dari sisi latihan saja atau gizi, faktor istirahat harus diperhatikan juga," kata Nano kepada Kompas Lifestyle di Goifex, Pameran Olahraga dan Kebugaran, di Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Istirahat dianggap memiliki peran serupa dengan latihan dan kandungan gizi dalam memaksimalkan proses pembentukan otot. Sebab, kata Nano, saat istirahat badan mengeluarkan hormon perbaikan sel otot yang rusak.

Oleh karena itu, setiap ada yang merasa pembentukan ototnya gagal--meskipun sudah latihan dan gizi cukup--evaluasi dulu porsi istirahatnya.

"Kalau kamu istirahat bagaimana, akhir pekan jalan-jalan pulang malam atau bagaimana dan kamu larut kerja sampai lupa istirahat atau enggak?," kata Nano.

Istirahat ideal, saran Nano adalah 7-8 jam per hari. Dengan begitu pembentukan massa otot akan maksimal dan tidak terganggu. "Kalau kualitas tidur kurang baik, saat hari kerja konsentrasi berkurang. Saat ada tugas enggak bisa dikerjakan dengan baik. Nanti malah menggangu pola makan dan latihan juga," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.