Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Terbaik Menjaga Kebersihan Gigi Bukan dengan Menyikatnya

Kompas.com - 18/08/2017, 16:13 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Anda ingin memiliki gigi bersih tanpa harus menyikatnya? Terdengar agak aneh memang, karena untuk membersihkan gigi, senjata utama kita adalah pasta gigi dan sikat gigi.

Namun, dokter gigi University of Washington School of Dentistry, Philippe Hujoel mengatakan, bahwa cara paling efisien menjaga kebersihan gigi bukanlah dengan menyikatnya. Ia menilai, menyikat gigi maupun memakai benang gigi (flossing) belum tentu mencegah gigi berlubang.

Menurut Hujoel, cara yang paling mudah untuk mencegah kerusakan gigi dan menjaga gigi tetap bersih yakni dengan menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula dan karbohidrat. Alasannya, saat ini mulut Anda sudah dipenuhi dengan ratusan bakteri.

Ada bakteri yang baik untuk kesehatan mulut Anda, dan ada juga bakteri berbahaya yang bisa merusak gigi. Permasalahnnya, bakteri jahat mudah berkembang biak di dalam mulut pada sisa-sisa gula dari makanan yang kita asup.

Bakteri jahat menghasilkan asam yang menghancurkan enamel gigi Anda dan membentuk infeksi yang menyebabkan rongga. Jika tidak diobati, lubang tersebut akhirnya bisa mencapai lapisan gigi yang lebih dalam, yang menyebabkan rasa sakit dan berakibat pada gigi tanggal.

Itu sebabnya, membatasi bahkan menghindari asupan makanan manis dinilai Hujoel lebih efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Baca juga:Cara Alami untuk Hilangkan Plak Gigi

Tentu saja, flossing dan menyikat gigi bermanfaat untuk mencegah kerusakan gigi. The American Dental Association (ADA) merekomendasikan penggunaan benang gigi sekali sehari. Lakukanlah dengan lembut, atau dibantu dengan mengarahkan benang di antara gigi dengan gerakan lembut ke atas dan ke bawah, tetapi jangan mengenai gusi Anda.

Flossing yang tidak benar dapat menyebabkan gusi Anda terkikis dan menciptakan celah di antara gigi sehingga sisa makanan justru bisa tersangkut. Pemakaian benang yang tidak tepat juga dapat menimbulkan bintik-bintik hitam yang bisa permanen.

Perhatian yang sama berlaku juga untuk menyikat gigi. Menurut ADA, Anda harus memegang sikat pada sudut 45 derajat dari gusi Anda dan dilakukan dengan lembut saat menyikat dari bagian gusi ke arah luar gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com