Kompas.com - 21/08/2017, 06:24 WIB
Menu vegetarian shakim888Menu vegetarian
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apapun alasan Anda melakukan diet vegetarian, baiknya pastikan asupan nutrisi tak berkurang.

Sebuah studi baru dari University of Bristol di Inggris menemukan bahwa vegetarian lebih cenderung mengalami depresi karena asupan vitamin B12 dan mineral yang lebih rendah. B12 yang kerap ditemui dalam daging merah, salmon, sarden, kepiting, kerang, dan beberapa jenis daging hewan lainnya, memainkan peran kunci dalam menjaga keseimbangan suasana hati (mood) individu.

Studi tersebut menganalisis kesehatan mental 10.000 peserta dan menemukan bahwa 350 vegetarian yang berpartisipasi dalam penelitian ini memiliki skor depresi dua kali lebih tinggi dari rekan pemakan daging. Salah satu penyebabnya ialah karena defesiensi B12.

Di luar defisiensi B12, vegetarian juga cenderung mengonsumsi lebih banyak kacang yang mengandung asam lemak omega-6 yang lebih tinggi, yang juga dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan mental yang lebih besar, menurut CBS New York.

Baca: Suasana Hati Buruk? Mungkin Si Manis Penyebabnya

Jika Anda berpikir untuk menjadi vegetarian, pastikan Anda secara aktif menambahkan nutrisi yang “hilang” ke makanan Anda. Bila Anda masih mengonsumsi produk susu, susu berprotein tinggi atau yogurt bisa menjadi sumber asupan B12 yang baik.

Bila tidak, bicarakan pada ahli gizi untuk mendapatkan suplemen B12 terbaik, atau saran asupan makan yang tepat, demi kecukupan nutrisi selama menjalani diet vegetarian, demi kesehatan fisik maupun mental.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.