Kompas.com - 21/08/2017, 09:34 WIB
Ilustrasi sepatu lari KikovicIlustrasi sepatu lari
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapan biasanya Anda membeli sepatu? Pagi, siang, sore atau malam hari? Jika Anda terbiasa membeli sepatu pada pagi atau siang hari, cobalah untuk membeli sepatu pada malam hari.

Membeli sepatu pada malam hari bukan tanpa alasan. Menurut Dokter Spesialis Fisik Siti Annisa Nuhonni, SpKFR(K) membeli sepatu pada malam hari akan membantu Anda menemukan sepatu yang nyaman dan cocok untuk Anda kenakan.

Alasannya, pada malam hari orang sudah beraktivitas seharian sehingga ukuran atau bentuk kaki menjadi lebih besar atau lebar dari ukuran biasanya. Dengan membeli sepatu saat kondisi kaki besar, maka sepatu tidak akan kesempitan bila dipakai berlari.

"Pagi, siang dan sore biasanya orang beraktivitas, dengan aktivitas itu biasanya kaki akan meleber atau melebar," kata Siti dalam acara Scientific Meeting of Indonesian Hip & Knee Society (IHKS) with International Congress for Joint Reconstruction (ICJR) Symposium di Hotel Shangrilla, Jakarta, Sabtu (19/8/2017).

Selain pemilihan waktu yang tepat untuk membeli sepatu, Dokter Siti pun memberikan pengetahuan kapan sebaiknya Anda mengganti sepatu lari lama Anda dengan sepatu yang baru.

Menurut Dokter Siti, jika Anda telah menggunakan sepatu dengan jarak tempuh sekitar 350 mil atau 565 kilo meter, maka Anda disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Karena menurut Siti, dengan jarak tempuh tersebut, bantalan kaki yang terdapat di permukaan sepatu sudah menipis.

Jika Anda tidak bisa menghitung jarak tempuh tersebut, Anda cukup mengenalinya dengan tanda-tanda seperti jahitan sol sepatu yang sudah mulai rusak. Jika jahitan sol sepatu sudah mulai rusak, artinya kaki Anda membutuhkan sepatu yang lebih nyaman dari sepatu yang Anda kenakan.

"Ganti sepatu setelah pemakaian  350 mil atau 565 Km. Atau kalau malas menghitungnya tinggal lihat saja di jahitan sol sepatunya apakah sudah rusak atau belum," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.