Mengapa Pria Melirik Wanita Lain Meski Sudah Punya Pasangan?

Kompas.com - 22/08/2017, 05:44 WIB
Ilustrasi pria melirik wanita AntonioGuillemIlustrasi pria melirik wanita
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Apakah Anda termasuk pria yang suka melirik wanita lain meskipun Anda sendiri sudah memiliki pasangan? Apa ini tanda ingin selingkuh karena merasa tidak puas dengan pasangan Anda? Atau memang Anda punya bakat mata keranjang?

Beruntunglah Anda karena jawabannya belum tentu keduanya. Sains punya jawaban ilmiah tentang “hobi” pria yang satu ini.

Kita sering menganggap bahwa rasa ketertarikan pada orang lain akan lenyap begitu menjajaki sebuah komitmen, entah itu berpacaran atau berumah tangga. Nyatanya ketertarikan merupakan naluri alami manusia yang akan tetap ada, apalagi pada pria yang merupakan makhluk visual.

Pada dasarnya, saat kita melihat orang lain, otak akan mulai memproses informasi visual yang kita lihat dan membuat penilaian instan berdasarkan daya tarik seseorang. Nah menariknya, otak pria secara alamiah lebih peka untuk menangkap keindahan dan kecantikan, terutama kecantikan wanita, berkat evolusi manusia.

Menurut Daniel Prager, akademisi sekaligus presiden Prager University di Amerika Serikat, insting inilah yang mendorong laki-laki untuk melirik wanita lain. Prager bahkan mengatakan bahwa tak peduli seberapa kuatnya hubungan Anda dan pasangan Anda saat ini, pria heteroseksual memang dirancang secara naluriah untuk menginginkan lebih dari satu wanita.

Alasannya sesederhana bahwa karena wanita itu adalah “wanita lain”. “Wanita lain” di sini bukan berarti target potensial untuk perselingkuhan, namun benar-benar dalam arti harafiahnya bahwa memang ada wanita-wanita lain di dunia ini selain pasangannya saat ini.

Baca: Kapan Pria dan Wanita Memiliki Kecenderungan Selingkuh Tinggi?

Maka tak heran jika pria, meski paham benar sudah punya kekasih, akan selalu tertarik atau mengagumi wanita lain karena memiliki penampilan yang lain dari yang selalu ada di sampingnya.

Bahkan pria-pria yang dalam hubungan paling harmonis sekalipun masih akan menemukan beberapa wanita di luar sana lebih menarik dibanding pacar atau istri mereka sendiri. Tapi ini bukan pertanda kalau dia ingin selingkuh.

Daya tarik natural seorang pria terhadap lekuk tubuh wanita, meski terdengar seksis dan misoginistik, adalah hasil evolusi alam sejak zaman purba. Periset percaya bahwa di zaman purba dulu, dengan memiliki pasangan sebanyak mungkin pria dapat memaksimalkan keberhasilan reproduksi mereka.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X