Kompas.com - 22/08/2017, 11:15 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tidur siang yang singkat namun menyegarkan, alias power nap adalah sebuah skill. Tidak semua orang bisa tidur selama 30 menit di siang hari, meski tubuh sedang kelelahan.

Mereka yang mampu tidur siang itu memetik keuntungan bagi kesehatan, produktivitas, dan kemampuan otak.

Agar efek tidur siang makin maksimal, ternyata menurut para ahli ada waktu tidur terbaik, yaitu jam 3 sore.

Alasannya terkait dengan irama sirkadian yang mengalami penurunan sekitar jam 3 sore. Banyak juga orang yang sering mengalami rasa kantuk setelah makan siang atau konsentrasinya menurun. Itu sebabnya jam 3 siang dianggap sebagai waktu yang paling pas untuk sejenak tidur siang.

Durasi tidur siang yang efektif adalah 20-30 menit, jika lebih lama dari itu maka kita akan masuk ke siklus tidur dalam yang justru akan membuat kita pusing dan lemas saat bangun tidur siang. Para ahli menyebutnya sebagai sleep inertia.

Bila di malam sebelumnya kita kurang tidur, menyempatkan waktu untuk tidur siang memang bermanfaat. Tetapi, jika durasinya terlalu panjang juga akan membuat kita sulit tidur di malam hari.

"Saat kita kurang tidur, mood bisa berantakan, konsentrasi turun, kesehatan dan sistem imun juga rendah. Tak ada hal baik dari kekurangan tidur," kata Rajkumar Dasgupta, asisten profesor dari Sekolah Kedokteran Universitas Southern California, AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penelitian mengungkap, tidur siang sangat bermanfaat untuk mencegah efek buruk kurang tidur. Setelah tidur siang, kita akan lebih awas, kreatif, punya kemampuan memori lebih baik, dan kemampuan belajar meningkat. Setelah bangun tidur siang tubuh juga terasa lebih segar.




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X