Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Olahraga yang Ampuh Mencegah Kehilangan Massa Otot

Kompas.com - 22/08/2017, 12:25 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Kebanyakan orang memilih untuk berolahraga hanya untuk membakar lemak. Namun manfaat olahraga sebenarnya tak hanya itu. Olahraga, khususnya latihan ketahanan otot, juga penting untuk mempertahankan kekuatan otot, sehingga massa otot tidak berkurang dengan cepat.

Mencegah kehilangan massa otot ini penting dilakukan agar Anda terhindar dari osteoporosis dan sarcopenia, sehingga Anda bisa bebas melakukan hal apapun di usia tua. Tak hanya itu, mencegah kehilangan massa otot juga dapat mencegah Anda dari kenaikan berat badan berlebih.

Baca: Otot Tak Juga Terbentuk, Apa yang Salah?

Beberapa manfaat melakukan latihan ketahanan otot adalah:

1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang yang ditandai dengan kelemahan pada tulang. Hal ini membuat tulang menjadi rentan mengalami patah tulang, terutama di usia tua. Namun, dengan melakukan latihan ketahanan otot, hal ini tampaknya bisa dihindari.

Latihan ketahanan otot dapat membuat otot dan tulang Anda menjadi lebih kuat. Semakin sering tulang diberi beban saat melakukan latihan ketahanan, semakin kuat tulang terbentuk.

2. Mencegah sarcopenia

Tak hanya osteoporosis, masalah lain yang juga sering dialami orang tua adalah sarcopenia. Sarcopenia adalah hilangnya massa otot, yang bisa mulai terjadi saat Anda berusia 30 tahun. Hal ini bisa menyebabkan Anda kehilangan kekuatan dan membuat Anda tidak bebas bergerak.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena latihan ketahanan otot dapat membantu Anda terhindar dari sarcopenia di usia tua. Hal ini karena latihan ketahanan otot dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Sehingga, mencegah Anda dari kehilangan massa otot.

3. Membantu menurunkan berat badan

Ya, latihan ketahanan otot ternyata lebih mampu membantu Anda menurunkan berat badan. Semakin sering otot Anda bekerja, semakin banyak massa otot yang Anda punya. Artinya, semakin banyak kalori yang mampu dibakar tubuh Anda untuk dijadikan energi.

Ini sangat menguntungkan bagi Anda. Mengapa? Dengan mempunyai massa otot yang besar, tubuh akan membakar kalori lebih banyak dan ini dapat berlangsung walaupun Anda tidak sedang berolahraga.

Tak hanya itu, massa otot yang dipertahankan dengan baik juga dapat membantu mempertahankan tingkat metabolisme tubuh Anda, sehingga mencegah Anda dari kenaikan berat badan berlebih.

Baca: Bagaimana Membentuk Perut Six Pack?

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com