Kompas.com - 22/08/2017, 14:05 WIB
Ilustrasi keramas Hoby FinnIlustrasi keramas
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Seberapa sering kita seharusnya keramas atau mencuci rambut? Itu barangkali pertanyaan yang sering muncul di antara kita.

Menurut Murray Clark, kolumnis sekaligus pemerhati kesehatan, mencuci rambut tidak bisa dilakukan sembarangan. Bila terlalu sering, rambut akan kehilangan nutrisi alaminya, sedangkan terlalu jarang, akan membuat rambut kotor, lengket, dan membuat tampilan kita seperti manusia gua di jaman prasejarah. Jadi bagaimana sebaiknya?

Perlu diketahui bahwa rambut kita menghasilkan sebum, sekresi minyak dari kelenjar di kulit kepala kita yang berfungsi sebagai kondisioner alami tubuh. Masalahnya, bila kebanyakan sebum akan membuat rambut sangat berminyak dan menimbulkan bau tak sedap. Karenanya rambut dan kulit kepala harus dicuci.

Nah frekuensi pencucian ini seringkali tergantung pada sedikit banyaknya produksi sebum yang berbeda pada tiap orang. Pada umumnya, disarankan untuk keramas dua hingga tiga kali seminggu. Namun sekali lagi, ini tergantung pada jenis rambut, gaya hidup kita, dan iklim di mana kita tinggal.

Rambut yang tipis cenderung mudah terlihat lepek dan kusam bila berminyak, sehingga keramas teratur bisa membuatnya lebih bercahaya, misalnya tiga kali seminggu. Saat keramas, sebaiknya juga diberi kondisioner untuk mengembalikan kelembaban dan nutrisi yang hilang.

Baca: Mengapa Rambut Sudah Beruban di Usia Muda?

Sedangkan mereka yang berambut tebal justru bisa lebih jarang keramas, misalnya dua kali saja seminggu. Bila itu dirasa tidak cukup atau membuat Anda gerah, cukup basahi kepala dan gosok kulit kepala di bawah shower. Hal ini akan menghilangkan kulit mati dan mengurangi minyak tanpa harus mencucinya dengan shampo. Pasalnya kebanyakan shampo mengandung sulfat yang bisa menghilangkan nutrisi dari rambut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, bila Anda seorang yang aktif berolahraga, banyak berkeringat, atau sering beraktivitas di luar sehingga rambut menjadi lebih kotor, Anda bisa lebih sering keramas menggunakan shampo yang lembut. Namun sebaiknya jangan dilakukan tiap hari karena akan membuat rambut kehilangan cahayanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.