5 Buah Rendah Gula untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 22/08/2017, 18:23 WIB
Ilustrasi buah baibazIlustrasi buah
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Jika selama ini kebanyakan orang beranggapan buah adalah makanan yang paling sehat untuk diet, nyatanya tidak selalu begitu. Pasalnya ada beberapa jenis buah yang mengandung kadar gula tinggi.

Alih-alih untuk menurunkan berat badan atau mengontrol gula darah, mengonsumsi buah yang tidak tepat justru akan menambah asupan gula dan kalori dalam tubuh. Itu sebabnya penting untuk mengetahui jenis buah rendah gula yang baik untuk menurunkan berat dan dan juga gula darah Anda.

Apa saja buah rendah gula yang baik untuk diet? Berikut ini beberapa buah rendah gula yang bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi dalam membantu program penurunan berat badan dan mengontrol gula darah Anda.

Akan tetapi jangan khawatir kebutuhan gizi Anda tidak tercukupi dengan konsumsi buah-buahan ini. Meski rendah gula, namun buah-buah ini tetap mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti protein dan serat yang baik untuk tubuh.

1. Keluarga beri

Stroberi, raspberry, blackberry adalah keluarga buah yang rendah gula. Rata-rata kandungan gula dalam keluarga beri per 150 gram penyajian hanya 4–7 gram saja. Keluarga beri juga kaya antioksidan dan vitamin C sehingga baik untuk kulit dan pencernaan Anda.

Meski demikian, Anda perlu membatasi konsumsi buah blueberry. Tak seperti saudara beri yang lain, buah bulat berwarna biru gelap ini mengandung kadar gula yang paling tinggi di antara keluarga beri. Blueberry mengandung sekitar 15 gram per 150 gram takaran penyajiannya.

2. Semangka

Kandungan air dalam buah semangka yang mencapai 90 persen membuat buah ini sangat menyegarkan. Selain itu, semangka menjadi buah yang disarankan banyak ahli kesehatan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Tidak hanya kaya akan kandungan airnya, semangka juga ternyata termasuk buah rendah gula yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Secangkir penuh semangka yang dipotong dadu memiliki kandungan gula di bawah 10 gram.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X