Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2017, 18:23 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Jika selama ini kebanyakan orang beranggapan buah adalah makanan yang paling sehat untuk diet, nyatanya tidak selalu begitu. Pasalnya ada beberapa jenis buah yang mengandung kadar gula tinggi.

Alih-alih untuk menurunkan berat badan atau mengontrol gula darah, mengonsumsi buah yang tidak tepat justru akan menambah asupan gula dan kalori dalam tubuh. Itu sebabnya penting untuk mengetahui jenis buah rendah gula yang baik untuk menurunkan berat dan dan juga gula darah Anda.

Apa saja buah rendah gula yang baik untuk diet? Berikut ini beberapa buah rendah gula yang bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi dalam membantu program penurunan berat badan dan mengontrol gula darah Anda.

Akan tetapi jangan khawatir kebutuhan gizi Anda tidak tercukupi dengan konsumsi buah-buahan ini. Meski rendah gula, namun buah-buah ini tetap mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti protein dan serat yang baik untuk tubuh.

1. Keluarga beri

Stroberi, raspberry, blackberry adalah keluarga buah yang rendah gula. Rata-rata kandungan gula dalam keluarga beri per 150 gram penyajian hanya 4–7 gram saja. Keluarga beri juga kaya antioksidan dan vitamin C sehingga baik untuk kulit dan pencernaan Anda.

Meski demikian, Anda perlu membatasi konsumsi buah blueberry. Tak seperti saudara beri yang lain, buah bulat berwarna biru gelap ini mengandung kadar gula yang paling tinggi di antara keluarga beri. Blueberry mengandung sekitar 15 gram per 150 gram takaran penyajiannya.

2. Semangka

Kandungan air dalam buah semangka yang mencapai 90 persen membuat buah ini sangat menyegarkan. Selain itu, semangka menjadi buah yang disarankan banyak ahli kesehatan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Tidak hanya kaya akan kandungan airnya, semangka juga ternyata termasuk buah rendah gula yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Secangkir penuh semangka yang dipotong dadu memiliki kandungan gula di bawah 10 gram.

3. Alpukat

Mungkin banyak orang tidak pernah berpikir jika alpukat merupakan salah satu buah rendah gula. Meskipun alpukat sangat tinggi kandungan lemak sehatnya, tapi buah ini tak banyak mengandung gula. 100 gram alpukat rata-rata hanya mengandung sekitar 0,7 gram gula.

4. Kiwi

Kandungan vitamin C dalam buah hijau yang kecut ini memang sudah tidak diragukan lagi. Tapi tahukah Anda jika kiwi juga merupakan salah satu buah rendah gula? Pasalnya dalam satu buah kiwi utuh kadar gulanya hanya 6 gram. Selain mengandung vitamin C yang tinggi, kiwi juga mengandung antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

5. Lemon dan jeruk nipis

Dibandingkan dengan jeruk, lemon dan jeruk nipis mengandung gula yang sangat sedikit, yaitu sekitar 1 – 2 gram gula dalam buah utuh ukuran sedang. Jadi, dua buah ini sangat cocok dijadikan campuran minuman Anda untuk membantu mengurangi nafsu makan Anda karena rasanya yang cukup asam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com