Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2017, 07:33 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki pendapat pribadi yang berbeda-beda tentang kecantikan wajah. Padahal, sebenarnya ada rumus matematika untuk menentukan apakah seseorang memiliki wajah yang proporsional sehingga lebih enak dipandang.

Rumus yang berlaku universal ini disebut juga dengan golden ratio. Menurut penjelasan dr.Adri Dwi Prasetyo, Sp.KK, dalam otak manusia sudah memiliki program matematika tentang golden ratio.

"Golden ratio ini berlaku untuk mata semua orang. Jadi, kalau ada orang yang wajahnya proporsional, orang dari Afrika sampai Asia akan menilai orang tersebut cantik atau ganteng," kata Adri dalam acara konferensi pers peluncuran MAAT Golden Ratio Search di Jakarta (22/8/2017).

Pengukuran golden ratio ini memakai standar yang dibuat oleh Dr.Stephen Marguardt yang disebut dengan golden decagon, yaitu semacam topeng yang berisi garis-garis matematika wajah untuk mengukur panjang dan lebar ideal.

Dari topeng golden ratio itu akan diketahui jarak ideal antara alis kanan dan kiri, dari bagian pipi paling kiri ke kanan, atau pun dari bagian tengah wajah yang proporsional. Jika sesuai dengan rumusan tersebut, maka setiap orang akan melihat orang tersebut cantik atau tampan.

Ditambahkan oleh dokter estetika Kevin Maharis, topeng pengukuran golden ratio untuk pria dan wanita sedikit berbeda.

"Pada perempuan yang dianggap proporsional kalau wajahnya memiliki V-shape, tulang pipi terlihat, dan dagu lebih ter-enhance. Sementara kalau pada pria, rahangnya lebih kotak dan kelihatan maskulin," kata Kevin dalam acara yang sama.

Ia menuturkan, dengan mengetahui ketegori wajah yang proporsional, kita tidak akan obsesif mengikuti tren kecantikan yang terus berubah-ubah pada setiap era.

"Banyak treatment kecantikan yang ditawarkan untuk membuat wajah jadi lebih terlihat proporsional, misalnya mengubah bentuk dagu, rahang, atau tulang pipi. Untuk menghindari hasil yang tidak proporsional dengan bentuk wajah, formula golden ratio dapat membantu ahli estetika membentuk wajah yang proporsional," paparnya.

Menurut Adri, seorang wanita dianggap cantik jika memenuhi kaidah proporsional secara golden ratio dan juga tetap mampu menonjolkan etnisitas dirinya. Jadi tidak perlu mengubah diri 100 persen menjadi orang yang berbeda, tapi tetap menjadi dirinya.

"Saya sangat mengapresiasi kecantikan asli Indonesia. Sebagai gambaran, misalnya seperti aktris Lola Amaria atau Dian Sastro. Tidak perlu ikut tren ingin seperti bibir Kyle Jenner atau artis Korea," kata Adri.

Pemahaman akan golden ratio ini, lanjut Adri, akan membantu para dokter estetik untuk menghitung proporsi wajah dan menentukan treatment apa yang dibutuhkan sehingga menghasilkan wajah yang simetris, proporsional secara keseluruhan, dan tentunya tetap menjadi dirinya sendiri.

"Untuk mendapat wajah yang proporsional, terkadang tidak perlu melakukan tindakan yang banyak. Dengan satu koreksi kecil tanpa bedah, misalnya memperbaiki jarak antara hidung dan bibir, wajah bisa terlihat sangat berbeda dan lebih cantik," kata Kevin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.