BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Clear

3 Gaya Rambut Pria yang Eksis Sepanjang Masa

Kompas.com - 25/08/2017, 08:07 WIB
Ilustrasi gaya rambut pria SokRomIlustrasi gaya rambut pria
|
EditorSri Noviyanti

KOMPAS.com - Dibandingkan wanita, gaya rambut pria cenderung lebih monoton. Sebab, tak semua pria menyukai rambut gondrong—yang lebih mudah dieksplor dengan berbagai model.

Dikutip dari CNN (25/11/2015), Rob McMillen, seorang pemangkas rambut profesional di Blind Barber New York Amerika Serikat, mengatakan ada tiga gaya rambut pria yang cocok untuk hampir semua kaum Adam. Ketiga model ini menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir hingga kini.

Pertama, gaya rambut dengan tekstur fade atau memudar (tipis) di beberapa bagian. Tekstur fade cocok untuk tampilan formal pria.

Tak hanya gaya formal, tekstur tersebut juga bisa dibuat sedikit berantakan di bagian depan, serta fade di kedua atau salah satu sisi saja agar tak terkesan kaku. Agar lebih maksimal, penggunaan wax atau pomade bisa jadi pilihan.

Gaya rambut fade untuk pria Gaya rambut fade untuk pria

Kedua, gaya rambut panjang. Umumnya, pria menyukai gaya rambut dengan potongan pendek, tapi tak ada salahnya sesekali sedikit memanjangkan rambut.

“Anda bisa sedikit ‘bermain-main’ (mengeksplor diri) dengan rambut panjang,” papar tukang cukur yang telah berpengalaman lebih dari satu dekade itu.

Gaya yang sama pun umum diaplikasikan untuk model rambut pendek wanita. Miley Cyrus, Anne Hathaway, dan Jennifer Lawrence tampil cantik dengan model itu. Bagi wanita, gaya rambut pendek dipilih demi memudahkan aktivitas.

Salah satu pesohor yang diretas akunnya adalah Jennifer Lawrence.BBC Salah satu pesohor yang diretas akunnya adalah Jennifer Lawrence.

“Potongan rambut pendek ini juga banyak dipilih wanita pekerja. Mereka membutuhkan kemudahan dan kecepatan dalam beraktivitas, jadi rambut pendek dianggap praktis dan tidak perlu banyak penataan,” ujar penata rambut Rudy Hadisuwarno, seperti ditulis Kompas.com (11/01/2014).

(Baca juga: Gaya Rambut Pendek Makin Digandrungi)

Gaya rambut pria yang ketiga adalah undercut. Model ini sukses diaplikasikan oleh aktor tampan Brad Pitt, pemain sepakbola David Beckham, juga penyanyi Adam Levine.

Gaya rambut pria masa kini Gaya rambut pria masa kini


Namun, sebelum mencoba gaya rambut pria ini, sebaiknya benar-benar perhatikan apakah cocok dengan bentuk wajah. Sebab, papar McMillen, pria dengan wajah bulat kurang cocok dengan tampilan ini.

Tetap bersih dan sehat

Apa pun gaya rambut pria yang dipilih, kebersihannya harus tetap diprioritaskan. Rambut yang sedikit dan pendek kadang membuat pria malah mengabaikan kebersihan dan kesehatan sehingga menyebabkan rambut rontok atau ketombe.

Oleh sebab itu, jangan abai mencuci rambut secara teratur dan benar. Untuk menghindari masalah rambut, ada banyak jenis sampo khusus pria. Carilah yang sesuai dengan kondisi rambut, misalnya sampo anti-ketombe atau perawatan rambut rontok.

Ilustrasi SHUTTERSTOCK Ilustrasi


Saat ini, ada juga sampo khusus untuk pria yang bisa jadi solusi dua masalah rambut tersebut, misalnya Clear Men Anti Hairfall. Ingat, cocok tidaknya sampo, tergantung pada kondisi kesehatan kepala dan rambut.

Untuk orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, keramas sebaiknya dilakukan 2 atau 3 hari sekali. Hindari keramas setiap hari. Jangan percaya mitos bahwa keramas tiap hari akan memengaruhi pertumbuhan rambut sehingga bisa mengatasi kerontokan.

Dengan rambut yang bersih, kuat, dan bebas ketombe, gaya rambut apa pun akan semakin mendongkrak penampilan Anda.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya