Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2017, 12:37 WIB
Laura Arya Wienanta

Penulis

KOMPAS.com - Tren permainan anak memang mulai mengalami pergeseran. Anak-anak di era digital ini lebih piawai bermain aneka games di gawai ketimbang bermain di luar ruangan.

Disadari atau tidak, bermain gawai di rumah sangat membatasi ruang gerak anak dan mengurangi interaksi antara orangtua dan anak.

Hal itu sangat disayangkan karena anak akan kehilangan banyak memori masa kecil yang berharga dan tidak dapat dikenang. Bermain dan beraktivitas di luar ruangan jauh lebih menyenangkan dan membawa banyak manfaat. Salah satunya melatih kemampuan motorik anak.

“Ketika bermain di luar ruangan, ruang gerak anak anak tidak terbatas. Dengan itu, maka anak akan lebih mudah menstimulasi motorik kasarnya ketika sedang melakukan berbagai aktivitas seperti berlari, melompat, berayun, dan lain lain. Hal itu juga akan berdampak pada kondisi fisik dan kehidupan sosial anak,” ungkap Bayu Wijanarko, Toys Expert dari Early Learning Centre (ELC) pada saat peluncuran seri mainan outdoor anak di Hotel Borobudur Jakarta(24/08/17)

Ketika anak sering melakukan aktivitas motorik, pertumbuhan otot besar anak pun teransang. "Hal itu jelas akan berdampak pada pertumbuhan fisik anak menjadi lebih sempurna. Anak juga akan lebih sehat, bugar, dan kuat," katanya.

ELC Junior Trampoline berfungsi untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangan pada anakKompas.com/Laura Arya Wienanta ELC Junior Trampoline berfungsi untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangan pada anak
Sering bermain di luar ruangan juga akan memupuk nilai sosial pada anak. Yang pertama terjadi adalah anak-anak akan lebih banyak berinteraksi dengan dirinya sendiri. Selanjutnya, ia juga akan berkomunikasi dengan teman-teman sepermainanya.

Anak yang sering bermain di luar ruangan akan lebih mudah berinteraksi dan memahami orang lain di sekelilingnya dibandingkan anak yang lebih senang bermain di rumah.

Untuk mendukung aktivitas bermain anak di luar ruang, ELC, sebuah gerai penyedia mainan anak meluncurkan seri mainan khusus luar ruangan.  ELC juga berbagi pengetahuan dan edukasi seputar aktivitas bermain di luar ruangan bersama anak-anak.

"Kami ingin mengajak orang tua dan anak merasakan pengalaman menyenangkan bermain di luar ruangan. Seri outdoor play ini dirancang untuk lebih dari sekedar mainan untuk anak, yaitu sebagai media edukasi yang dapat mengembangkan kemampuan motorik, kreativitas, dan sosial selama anak anak bermain di luar ruangan, " kata Lina Paulina, Vice President ELC saat peluncuran Outdoor Play Series di Hotel Borobudur Jakarta (24/08/17)

Beragam jenis mainan disediakan untuk menemani aktivitas bermain di luar. ELC  memproduksi beragam mainan dan membagi kategori yang disesuaikan dengan tahapan tumbuh kembang anak seperti olahraga dan aktivitas, seni dan kreativitas, serta bayi dan balita.

Salah satu yang menarik adalah ELC Junior Trampoline, yaitu trampolin mini dengan bantalan keselamatan dan pegangan yang mudah demi keamanan eksta. Melompat di atas trampolin dapat membantu mengembangkan kordinasi, keseimbangan, dan kekuatan anak.

sand and water table, meja pasir dan air yang dilengkapi dengan banyak mainan untuk melatih kreativitas anakKompas.com/Laura Arya Wienanta sand and water table, meja pasir dan air yang dilengkapi dengan banyak mainan untuk melatih kreativitas anak
Sedangkan untuk menstimulasi indera anak terdapat Sand and Water Table, sebuah meja dengan dua bagian yang diisi dengan pasir di satu sisi dan air di sisi yang lain. Mainan ini juga dilengkapi dengan sekop, perahu, sendok, pipa, cetakan, roda dan lainnya agar anak juga dapat mengasah kreativitas anak saat bermain.

Seri mainan di luar ruangan ini ditujukan untuk anak dengan range usia mulai dari 2 tahun ke atas. Setiap mainan juga dilengkapi keterangan mengenai kemampuan dan pembelajaran yang akan didapatkan oleh anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com