9 Makanan Manado Spesial di Resto Terbaru Agnez Mo - Kompas.com

9 Makanan Manado Spesial di Resto Terbaru Agnez Mo

Kompas.com - 26/08/2017, 20:08 WIB
Ayam Isi DibuluKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Ayam Isi Dibulu

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris sekaligus penyanyi, Agnez Mo membuka restoran makanan khas Manado, Redbox. Menariknya, makanan khas Manado itu dikreasikan dengan sajian berbeda.

Adalah Chef Agus Sasirangan yang ada di balik kreasi menu khas Manado di Redbox. Pria bernama lengkap Agus Gazali Rahman ini menciptakan 9 kreasi menu, mulai dari sajian utama hingga penutup. Dia memastikan kreasi menu masakan ini tidak akan ditemukan di rumah masakan Manado lain.

"Tapi kreasi ini tidak akan menghilangkan cita rasa masakan khas Manado," kata food consultant ini kepada Kompas Lifestyle di Redbox, Jalan Kembangan Raya, Jakarta Barat, Sabtu (26/8/2017).

Berikut 9 signature menu garapan Agus Sasirangan di restoran Redbox milik Agnez Mo.

1. Ikan Woku Bambu

Dari cara sajiannya, ikan woku ini sudah berbeda. Chef Agus mengatakan bila pada umumnya makanan ikan woku disajikan biasa secara utuh, kini disajikan di dalam bambu.

"Daging ikannya itu sudah difilet dan saat orang makan tinggal daging tanpa tulang. Selain itu, aku juga tambahkan telur asin yang kini sedang naik daun," kata Chef Agus yang memastikan tetap ada cita rasa asam khas masakan Manado.

2. Sup ikan

Untuk menu sup ikan kali ini juga berbeda karena ikan dibuat dalam bentuk bakso yang digoreng. Kuah asam untuk sup ikan juga disajikan secara terpisah. "Aku sajikan dengan sambal dan bikin kreasi sendiri," kata dia.

3. Sup ikan asin

Sajian cita rasa berbeda juga berlaku untuk sup ikan asin. Menurut Chef Agus, menu makanan ini merupakan campuran ikan dan telur bebek yang direbus. Juga ditambahkan kuah santan serta ada rasa asam serta pedas khas kuliner Manado.

4. Ayam Isi Dibulu

Sajian ayam isi dibulu ini diberikan sedikir sentuhan western food, kata Chef Agus. Ayam ini disajikan dengan alumunium foil dan onigiri. "Nanti ada drumstick khusus paha ayam yang dikasih kuah asam dan mozarella baru dioven," kata dia.

Mie PidisKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Mie Pidis
5. Mi Pidis

Chef Agus ingin menaikan kembali pamor mi pidis. Nama mi ini diakui agak kalah dibanding makanan Manado lain. Oleh karena itu, Chef Agus mencoba berkreasi dengan membuat mi dengan cita rasa pedas ini dengan tambahan ikan tongkol. Untuk cita rasa pedas menggunakan lada khusus yang pasti masih cita rasa Indonesia.

6. Rujak Gohu

Bila selama ini Rujak Gohu hanya berisi pepaya kini ditambah sesuatu pembeda--mangga muda dan kacang. "Jadi ada crunchy dan tetap dengan kuah asam, pedas, manis," kata Chef Agus.

Chef Agus SasiranganKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Chef Agus Sasirangan
7. Apang Coe Manado

Kue khas Manado ini juga jadi signature menu dari Redbox. Chef Agus berkreasi dengan membuat kue yang umumnya sedikit keras menjadi lembut.

8. Es teler Manado

Nah selain ada es kacang merah, juga ada es teler Manado. Chef Agus menambahkan kacang merah utuh dan gembur di es teler juga membuat es batu yang unik karena ada unsur santan dan nangka di dalamnya.

9. Garo bunga pepaya

Makanan kreasi Agus terakhir Chef Agus adalah Garo Bunga Pepaya. Bila masakan ini biasa ditumis, kini disajikan berbeda. "Aku sajikan dengan kulit lumpia, ada jamurnya juga ada ikan cakalang dan saus. Jadi ketika ada orang enggak suka dengan bunga pepaya, dengan tampilan itu memiliki daya tarik dan rasanya enggak pahit," katanya.


EditorLusia Kus Anna

Terkini Lainnya


Close Ads X