11 Trik untuk Memaksakan Diri Hidup Aktif

Kompas.com - 29/08/2017, 06:15 WIB
Ilustrasi berlari joytIlustrasi berlari
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Olahraga dan aktivitas fisik itu baik buat kesehatan. Namun tidak semua orang memiliki semangat untuk rutin berolahraga dan tidak cukup sadar manfaat aktivitas fisik untuk kesehatannya.

Padahal mulai hidup aktif itu tak sesulit yang Anda bayangkan, bahkan bisa dilakukan dengan cara sederhana. Bila Anda mau, cobalah terapkan beragam cara unik berikut ini.

1. Jalan lebih cepat

Anda mungkin sudah lama ingin mulai olahraga, tapi bingung mulai dari mana. Nah, Anda bisa memulai dengan aktivitas sederhana seperti jalan cepat. Saat Anda harus jalan kaki, misalnya waktu belanja di mal, cobalah untuk jalan lebih cepat dari biasanya.

Selain membantu membakar kalori lebih banyak, jalan cepat juga akan membuat Anda jadi terbiasa beraktivitas fisik. Tanpa terasa, Anda pun sebenarnya sudah mulai olahraga teratur setiap berjalan kaki.

Baca: Negara Manakah yang Penduduknya Paling Malas Berjalan?

2. Naik tangga

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
Biasakan untuk memilih lewat tangga, bukan naik eskalator atau lift saat Anda berada di gedung bertingkat. Kalau kantor Anda ada di lantai yang cukup tinggi, siasati dengan cara naik lift sampai kira-kira tiga lantai di bawahnya. Lalu lanjutkan dengan naik tangga.

3. Jalan kaki setelah makan

Habis makan pasti rasanya lemas dan mengantuk. Untuk melawan rasa kantuk sekaligus berolahraga ringan, usahakan untuk jalan kaki selama beberapa menit. Karena dilakukan setelah makan, secara tak sadar Anda pun akan melakukannya secara rutin dan teratur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X